Selasa 29 Aug 2023 22:02 WIB

Cukup Berfoto di Pameran, Publik Bisa Ikut Kampanyekan Pencegahan Stunting

1000 Days Fund gelar kampanye Positif Journey yang hasilnya digunakan untuk stunting.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemerintah Indonesia mempunyai program strategis nasional dalam penurunan angka prevalensi stunting, yang bisa dilakukan oleh semua pihak. Upaya menyukseskan program itulah yang dilakukan Sensitif, 1000 Days Fund, dan aplikasi Campaign melalui pameran seni bertajuk Positif Journey, yang mengajak masyarakat untuk menikmati karya seni sambil melakukan dampak sosial.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Pemerintah Indonesia mempunyai program strategis nasional dalam penurunan angka prevalensi stunting, yang bisa dilakukan oleh semua pihak. Upaya menyukseskan program itulah yang dilakukan Sensitif, 1000 Days Fund, dan aplikasi Campaign melalui pameran seni bertajuk Positif Journey, yang mengajak masyarakat untuk menikmati karya seni sambil melakukan dampak sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Indonesia mempunyai program strategis nasional dalam penurunan angka prevalensi stunting, yang bisa dilakukan oleh semua pihak. Upaya menyukseskan program itulah yang dilakukan Sensitif, 1000 Days Fund, dan aplikasi Campaign melalui pameran seni bertajuk ‘Positif Journey’, yang mengajak masyarakat untuk menikmati karya seni sambil melakukan dampak sosial.

“Misi kami adalah mewujudkan zero stunting pada 2030. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung kampanye ini,” ujar Business Development Officer 1000 Days Fund, Josua Soaloon, melalui keterangan pers, Selasa (29/8/2023).

Josua menjelaskan, misi tersebut dijalankan melalui pameran seni ‘Positif Journey’ yang digelar di Mall of Indonesia (MOI), Jakarta Utara, hingga 24 September mendatang. Selain pameran seni, komitmen untuk mendukung program pemerintah mengurangi angka stunting itu juga diwujudkan dalam bentuk kampanye sosial bertajuk ‘Preventing Stunting’ dengan SensitifJourney dengan total dana kampanye sebesar Rp 50 juta.

“Dana tersebut untuk disumbangkan kepada 1000 Days Fund, sebuah organisasi sosial berfokus pada pencegahan stunting, kampanye ini dilakukan secara daring,” tutur Josua.

Demi mendukung kampanye terkait, Josua melanjutkan, publik dapat mengunduh aplikasi Campaign dan menyelesaikan aksi kampanye Preventing Stunting with SensitifJourney dengan berfoto di pameran seni Positif Journey. Kemudian, foto tersebut diberi caption untuk mendukung perempuan berdaya, baik itu anak perempuan, gadis, atau seorang ibu.

“Jadi tiap pendukung yang menyelesaikan aksi akan dikonversi jadi donasi Rp 25 ribu oleh Sensitif. Artinya, dibutuhkan 2.000 pendukung untuk membuka donasi sebesar Rp 50 juta yang akan digunakan untuk kegiatan peningkatan kapasitas tenaga kesehatan desa mengenai pencegahan stunting, pengadaan poster pintar, dan selimut pintar," jelas Josua.

Sebagai informasi, pada pameran seni terdapat instalasi yang terbagi menjadi 11 ruangan. Pada tiap ruang menyampaikan pesan berbeda yang menggambarkan fase pernikahan hingga kehamilan. Begitu masuk ke ruangan tersebut, pengunjung disuguhkan dengan instalasi Just Married yang memberikan edukasi tentang pernikahan. 

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa ruangan lainnya, seperti Family Planning, Fertile Period di mana ada edukasi cara menghitung masa subur, Ovarium Ready, Insemination, Pregnancy, Give Birth hingga mengakhiri perjalanan di ruang Menstruation.

“Melalui pameran seni Positif Journey, Sensitif dan Haluu World ingin mengajak para pasangan muda untuk mempersiapkan proses kehamilan yang sehat bagi ibu dan anak. Karen kami yakin konsep ini dapat membantu siapa pun yang tengah merencanakan pernikahan, membayangkan dan merasakan momen-momen bahagia saat menjalani kehidupan berumah tangga," tambah Yoevan Wiraatmaja selaku CEO Danpac.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement