Kamis 24 Aug 2023 23:16 WIB

Kretivesia 2023 Jadi Upaya Kemenpora Sediakam Wadah Kreativitas

Pawai budaya nasional Kreativesia 2023 menjadi kolaborasi berbagai pihak.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia atau Kreativesia 2023 pada 25-27 Agustus di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Ini adalah agenda tahunan sebagai wadah untuk kelompok dan individu yang akan mengekspresikan kreativitas.

Asisten Deputi Potensi Kemandirian Pemuda Tri Winarno mengatakan Kreativesia akan memberikan wadah bagi mereka yang ingin berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dan ekonomi Indonesia. Nantinya Kreativesia 2023 akan dibuka oleh Menpora Dito Ariotedjo dan dihadiri oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Baca Juga

Menurut Winarno, pembukaan ini menandai dimulainya rangkaian acara yang dijanjikan memberikan inspirasi dan kolaborasi dalam berbagai bidang. Kreativesia 2023 akan diikuti oleh peserta dari 38 provinsi seluruh Indonesia.

"Kami yakin acara ini kana menciptakan dampak positif bagi individu, komunitas dan kelompok kreatif lokal dan nasional yang terlibat. Melalaui semangat kerja sama, kami berharap Kreativesia 2023 dapat menghasilkan solusi kolektif untuk menumbuhkan industri kreatif global, dengan fokus pada kreativitas pada generasi muda Indonesia, khususnya Kota Solo dan sekitarnya," ujar Winarno dalam keterangan persnya keterangan, Kamis (24/8/2023).

Sebelumnya, terdapat rangkaian acara menuju perayaan puncak di Solo. Rangkaian itu antara lain Ujug – ujug Ngegambar pada 13 Agustus 2023 serta Goodiz x Kreativesia yang berlangsung di Jalan Gatot Subroto. Kemudian ada juga Ujug – ujug Ngedance (Se-Solo Menari di Jalan) pada 20 Agustus 2023 di Jl. Gatot Subroto.

Pada 25-27 Agustus 2023, Kreativesia akan memamerkan beragam program dan kegiatan salah satunya adalah kompetisi nasional dan umum dari berbagai sub-bidang kreatif seperti musik, film, fashion, kuliner, kriya, teknologi informasi (perangkat lunak dan perangkat keras), desain grafis, serta barista.

Acara ini juga akan menghadirkan festival musik yang mengolaborasikan musisi nasional dan musisi lokal. Selain itu, Kreativesia akan diisi Creative market yang menampilkan produk sandang, pangan, senin dan kerajinan tangan dari delegasi pemuda 38 Provinsi.

Talkshow juga akan memerihkan acara ini yang akan menghadirkan berbagai topik seperti Creativaction, Visual Damage, Coffee Atack, Festival Attack, dan Safety Riding. Sementara itu, komunitas Festival akan menampilkan pameran interaktif dari berbagai bidang seperti otomatif, olahraga, seni, visual, desain grafis, film dan fotografi, fashion, gaya hidup, tari, seni jalanan, wirausaha, kopi, cosplay, serta permainan.

Pawai budaya nasional Kreativesia 2023 menjadi kolaborasi individu, komunitas kreatif di Solo uang diwakili Se-Solo Creative Circle, serta institusi dan lembaga juga akan digelar. Winarno mengajak masyarakat untuk hadir dan berpartisipasi dalam Kreativesia 2023. Harapannya Kreativesia 2023 menjadi upaya nyata untuk membentuk masa depan yang kreatif dan berdaya saing bagi Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement