Selasa 22 Aug 2023 14:42 WIB

Biologi UI Ajak Siswa Pesantren Al Muhajirin Lebih Peduli Keragaman Hayati

Siswa diajak mengeksplorasi lingkungan dan mengenal mikroorganisme.

Biologi UI mengajak siswa pesantren Al Muhajirin Purwakarta mengeksplorasi keragaman hayati di lingkungan sekitar, Senin (14/8/2023).
Foto: dok Dept Biologi FMIPA UI
Biologi UI mengajak siswa pesantren Al Muhajirin Purwakarta mengeksplorasi keragaman hayati di lingkungan sekitar, Senin (14/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Departemen Biologi FMIPA Universitas Indonesia mengajak siswa-siswi Pondok Pesantren Al Muhajirin meningkatkan kepedualian terhadap keanekaragaman hayati di sekitar melalui eksplorasi lingkungan, pengenalan mikroorganisme, dan merancang karya ilmiah.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi yang dilakukan Biologi FMIPA UI yakni pengabdian kepada masyarakat (Pengmas). Biologi FMIPA UI menggandeng Yayasan Pandu Cendikia dan Bluebird Group di Pondok Pesantren Al Muhajirin, Purwakarta, Jawa Barat, dalam rangkaian kegiatan Pendalaman Komprehensif Materi Ilmu Hayati bagi Siswa Pondok Pesantren Al-Muhajirin pada tanggal 14 Agustus 2023. 

Baca Juga

Pada kegiatan ini, siswa dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan tingkat pendidikannya, yaitu SD, SMP, dan SMA. Koordinator Kegiatan Pengmas Biologi FMIPA UI Afiatry Putrika, M,Si menjelaskan, ketiga kelompok tersebut melakukan aktivitas berbeda berdasarkan analisis yang dibutuhkan oleh setiap jenjang pendidikan.

Bagi siswa SMA, mereka diberikan pelatihan menulis karya ilmiah yang baik sehingga dapat diikutsertakan dalam lomba karya ilmiah seperti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). "Selain penulisan ilmiah, siswa SMA juga diajak untuk mengenal kehidupan kampus sebagai persiapan mereka untuk menghadapi kuliah setelah lulus SMA," kata Afiatry melalui keterangan tulis, Selasa (22/8/2023).

Selanjutnya, siswa SD membutuhkan pengalaman untuk mengenal ekosistem di sekitar mereka agar mereka dapat menjaga kebersihan dan keseimbangan eksosistem sejak dini. Oleh karena itu, mereka diajak melakukan pengamatan lapangan di lingkungan sekitar sekolah.

Kegiatan lain dilakukan oleh siswa SMP, yaitu mengenal keanekaragaman mikroorganisme di sekitar mereka. Dengan kegiatan tersebut diharapkan siswa SMP mendapatkan pengetahuan dan ide untuk memanfaatkan mikroorganisme di sekitar mereka.

Melalui sambutannya, Ketua Departemen Biologi FMIPA UI Anom Bowolaksono, Ph.D menjelaskan, Departemen Biologi FMIPA UI senantiasa berbagi wawasan kepada masyarakat, khususnya siswa-siswi sekolah dasar dan menengah untuk dapat meningkatkan pengetahuan mereka terhadap ilmu hayati.

Pemimpin Ponpes Al-Muhajirin Purwakarta, KH. Dr. Abun Bunyamin, MA menyampaikan, kegiatan bagi para siswa diselenggarakan di Kampus 1 untuk penulisan ilmiah dan keanekaragaman mikroorganisme serta di Kampus 2 untuk kegiatan pengenalan ekosistem. "Mempelajari sains sangat penting, terutama ilmu biologi karena kita dapat lebih mensyukuri kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan alam semesta dengan segala manfaatnya," kata KH Abun.

Ia menyambut baik kegiatan pengmas yang diselenggarakan oleh Biologi FMIPA UI. Ia juga berharap, ke depannya akan terjalin kolaborasi lainnya dengan sekolah-sekolah lainnya di bawah pengelolaan Yayasan Al Muhajirin.

"Dengan adanya kegiatan pengmas ini emoga para siswa semakin semangat dalam mengejar ilmu dan menerapkan pembelajaran sepanjang hayat," kata KH Abun menambahkan.

Salah satu dosen Biologi FMIPA UI Dr.rer.nat.Yasman mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kecintaan terhadap lingkungan sekitar kita sejak dini. Dengan demikian, generasi mendatang dapat mengelola alam secara berkelanjutan agar keseimbangan alam tetap terjaga. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement