Ahad 20 Aug 2023 08:00 WIB

10 Anak Buah Jokowi Jadi Bacaleg DPR, dari Menpora Dito hingga Yasonna 

Presiden Jokowi tidak mempersoalkan anak buahnya di kabinet maju jadi caleg.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
 Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan sebanyak 9.925 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI.
Foto: Prayogi/Republika
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan sebanyak 9.925 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPR RI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 10 anak buah Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan ikut bertarung dalam kontestasi Pemilu 2024 untuk memperebutkan kursi anggota DPR RI. Mereka terdiri atas lima menteri, empat wakil menteri, dan satu kepala badan. 

Nama-nama pembantu Presiden Jokowi itu tercatat dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPR RI yang diumumkan KPU RI pada Sabtu (19/8/2023). Nama mereka masuk DCS usai dinyatakan memenuhi syarat (MS) untuk menjadi caleg DPR RI. 

Baca Juga

Berikut sepuluh anak buah Jokowi itu yang terdaftar sebagai bacaleg DPR RI;

1. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Dia diusung oleh PDIP untuk memperebutkan kursi anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara I. Politisi senior PDIP ini mendapatkan nomor urut 1. 

2. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dia menjadi bacaleg dari Partai Nasdem untuk Dapil Sulawesi Selatan I dengan nomor urut 1. 

3. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Politisi muda ini diusung Partai Golkar untuk bertarung di Dapil DKI Jakarta I dengan nomor 1. 

4. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar. Kakak kandung dari Ketum PKB Muhaimin Iskandar itu menjadi bacaleg PKB di Dapil Jawa Timur VIII dengan nomor urut 2. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement