Rabu 16 Aug 2023 00:22 WIB

PSM UNDIP Raih Prestasi Gemilang Ajang Taipei International Choral Competition 2023

UNDIP berkomitmen untuk menghasilkan prestasi lebih banyak lagi.

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan mahasiswa Undip.
Foto: Dokumen
Ilustrasi kegiatan mahasiswa Undip.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG--Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro (PSM Undip) kembali menorehkan prestasi di ajang internasional.

Kali ini --paduan suara yang juga dikenal dengan sebutan Diponegoro University Choir (DUC)-- ini mencatat sukses di ajang Taipei International Choral Competition (TICC) 2023, di Taipei.

Baca Juga

TICC merupakan kompetisi paduan suara yang dilaksanakan di Taipei oleh Taipei Philharmonic Foundation.

Kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi bergengsi di bidang paduan suara, yang diikuti oleh lebih dari 50 paduan suara yang berasal dari berbagai negara.

Kompetisi ini juga selali menghadirkan  dewan juri terbaik dari berbagai penjuru dunia yang telah terkurasi dan memiliki reputasi di bidangnya.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip, Prof Faisal SE MSi Ph.D mengatakan, pada kompetisi TICC ini PSM Undip mengikuti empat kategori.

"Yakni Mixed, Musica Sacra, Contemporary Music, dan Ethnic/Traditional Music dengan total 12 lagu," jelasnya, di Semarang, Selasa (15/8).

Pada kompetisi TICC diselenggarakan tanggal 2 - 4 Agustus 2023 ini, lanjutnya,  PSM Undip berhasil terpilih menjadi salah satu tim yang dapat tampil di Grand Prix (babak final) dan berhasil menjadi First Runner Up Grand Prix TICC 2023.

Selain itu juga berhasil memperoleh penghargaan di seluruh kategori yakni Gold award Mixed Category dan Winner of Mixed Category,.

"Selanjutnya juga Gold award Contemporary Song Category, Gold award Ethnic/Traditional Song Category, Gold award Musica Sacra Category," ungkapnya.

Atas keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari dukungan Undip dan orang- orang terdekat. PSM Undip berterima kasih kepada Rektor yang telah mendukung untuk mengikuti kompetisi ini.

Demikian jiga kepada pembina PSM Undip, pelatih PSM Undip, Alumni, sponsor, orang tua, keluarga, dan teman-teman yang selalu membantu dan mendukung.

Sehingga PSM Undip dapat mengharumkan nama Indonesia dan almamater di kancah Internasional. Khususnya dalam TICC 2023, di Taipei kali ini.

Prestasi ini merupakan recognisi internasional yang menunjukkan PSM Undip berkelas dan patut dibanggakan. 

"Semoga prestasi yang diraih semakin mengukuhkan PSM Undip menjadi UKM bergengsi, dan terus berjaya di laga internasional," kata Faisal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement