Ahad 13 Aug 2023 22:30 WIB

Para Ibu di Tanjung Priok Diajak Kowarteg Ganjar Ikuti Ragam Aksi Peningkatan Kreativitas

Puluhan warga yang mayoritas ibu-ibu prasejahtera atau single parent yang diberikan.

Kegiatan berbagi ceria bersama para ibu yang ada di Jalan Ancol Selatan II RT 014, RW007 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
Foto: Dok. Web
Kegiatan berbagi ceria bersama para ibu yang ada di Jalan Ancol Selatan II RT 014, RW007 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA UTARA -- Komunitas Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia terus menggencarkan kegiatan sosialisasi untuk menebarkan manfaat kepada masyarakat luas. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan berbagi ceria bersama ibu-ibu yang ada di Jalan Ancol Selatan II RT 014, RW007 Kelurahan Sunter Agung, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Koordinator Kowarteg Indonesia Noehrozi mengatakan, dalam kegiatan itu ada puluhan warga yang mayoritas ibu-ibu yang diberikan pelatihan.

Baca Juga

“Kami berikan pelatihan hasta karya atau membuat anyaman tikar dari limbah bungkus kopi,” ujar Noehrozi seperti dinukil pada Ahad (13/8/2023). 

Menurut dia, dengan adanya pelatihan itu ibu-ibu bisa memiliki keahlian dan bisa dijadikan sebagai peluang berusaha. “Tentunya tujuan dari pelatihan ini agar para ibu-ibu bisa punya keahlian yang nantinya dapat dijadikan sumber pemasukan baru,” ujar dia.

Tak hanya mengadakan pelatihan, pihaknya juga memberikan sejumlah bantuan kepada puluhan peserta yang hadir. “Kami turut memberikan sejumlah bingkisan berupa perkakas dapur yang bisa dimanfaatkan seperti gelas, centong, hingga tempat tisu,” kata Noehrozi.

Dia menuturkan pelatihan tersebut terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang memang selama ini sangat peduli dengan masyarakat tingkat bawah. “Harapannya dengan adanya pelatihan ini masyarakat khususnya kaum ibu-ibu bisa lebih ringan beban mereka dan bisa sejahtera,” ujar dia. 

Salah satu peserta Fatimah mengaku senang bisa terlibat dalam pelatihan yang diadakan Kowarteg Ganjar tersebut. “Terima kasih kepada para sukarelawan Ganjar yang sudah menunjukkan kepeduliannya kepada kami,” ujar dia.

Sebelumnya, Kowarteg memberikan pelatihan usaha mikro kuliner untuk ibu-ibu yang tinggal di kawasan Genting Tambak Dalam, Surabaya, Jawa Timur.

Koordinator Wilayah Kowarteg Indonesia Jawa Timur Kiki Kurniawan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, terutama ibu-ibu di Surabaya.

"Kami membuat pelatihan membuat kue tar kepada ibu-ibu agar mereka bisa mandiri dan meningkatkan ekonomi keluarganya," ujar Kiki, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement