Kamis 10 Aug 2023 13:21 WIB

Milenial Tanah Laut Kalsel Diajak Srikandi Ganjar Lestarikan Tari Radap Rahayu

Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan untuk mengenalkan budaya tradisional.

Pelatihan tari di Desa Tajau Mulia, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.
Foto: Dok. Web
Pelatihan tari di Desa Tajau Mulia, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH LAUT -- Kelompok relawan yang tergabung dalam Srikandi Ganjar menggelar kegiatan pelatihan Tari Radap Rahayu bersama salah satu sanggar yang ada di Tanah Laut. Acara yang diikuti oleh para milenial itu dilaksanakan di Desa Tajau Mulia, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. 

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Kholifah mengatakan, kegiatan pelatihan itu dilaksanakan untuk mengenalkan budaya tradisional dan melestarikan tarian daerah Kalimantan Selatan. "Kami mengadakan pelatihan ini untuk mengasah kemampuan para milenial sehingga bisa melestarikan tarian khas Kalsel ini," kata Kholifah seperti dilansir pada Kamis (10/8/2023). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, Kalsel memiliki berbagai macam kebudayaan yang diturunkan secara turun-temurun dan harus terus dilestarikan. Selain itu, Tari Radap Rahayu untuk menyambut tamu kehormatan di daerah Kalimantan Selatan sehingga tarian ini memiliki peminat yang cukup besar. 

Menurut dia, pelatihan itu mendapat respons positif pada kegiatan yang diadakan oleh Srikandi Ganjar ini. Hal itu terlihat dari para peserta yang menghadiri pelatihan tersebut. 

 

Dia mengatakan bahwa tujuan dari Srikandi Ganjar membuat kegiatan belajar seni tari ini sebagai upaya para milenial bisa mengenal budaya khas Kalsel. Salah satunya melalui tarian-tarian. 

"Tujuan kegiatan ini kami mengajak para milenial agar lebih dalam mengenal budaya, salah satunya tarian-tarian. Smeoga generasi muda ke depan cinta akan budaya,” katanya. 

Di sela kegiatan, Kholifah juga memperkenalkan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (Capres) 2024 kepada para peserta yang menghadiri pelatihan tersebut. Aulia Kasmayati salah satu peserta menyampaikan rasa terima kasih kepada Srikandi Ganjar karena sudah memfasilitasi para anak muda di daerah. 

"Kegiatan ini bisa meningkatkan para milenial untuk berkembang dan mengasah kemampuan mereka," ujar Aulia.

Perhatian terhadap dunia seni tari juga telah ditunjukkan kelompok serupa saat menggelar West Java Dance Festival di Purwakarta, Jawa Barat. Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Jabar Eva Yuliana mengatakan, festival seni tari Jabar ini dihadiri oleh 1.000 perempuan milenial dan warga sekitar. 

Menurut Eva, ajang West Java Dance Festival yang diadakan Gedung Aula Joglo Belawan, Kelurahan Cipaisan, Kabupaten Purwakarta tersebut menarik perhatian para milenial di Jabar, khususnya di wilayah Purwakarta.

"Kalau untuk antusias peserta dan warga di sini sebenarnya antusias sekali dilihatnya. Karena mereka dari awal sekali, kita acara jam 1 siang mereka sudah datang jam 10 siang pun sudah ada yang daftar," kata Eva, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement