Ahad 06 Aug 2023 09:19 WIB

Breaking News! Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Wilayah Timur Laut Sigi, Sulteng

Gempa di Sigi tercatat berpusat di darat.

Gempa. Ilustrasi
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah timur laut Sigi, Sulawesi Tengah. Gempa tercatat terjadi pada pukul 08.44 WIB, Ahad (6/8/2023).

BMKG di Jakarta, mencatat gempa bumi itu berpusat di darat. Tepatnya di koordinat 1,19 lintang selatan dan 120,26 bujur timur atau 47 timur laut Sigi dengan kedalaman 16 km.

Baca Juga

BMKG mengimbau masyarakat hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo (M) 4,6 juga mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu (5/8/2023) sekitar pukul 11.15 WIB. Gempa di Garut ini getarannya juga dirasakan hingga wilayah Kota Sukabumi dan sekitarnya.

 

"Sempat terkejut dengan getaran gempa tersebut tapi hanya sekejap saja. Tapi karena takut adanya gempa susulan saya dan keluarga memilih keluar rumah beberapa saat," kata warga Kampung Bentengkidul, Kelurahan Dayeuhluhur, Kota Sukabumi Saripudin, Sabtu.

Senada dengannya, Achmad Gilang warga Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi menambahkan meskipun ia dan istrinya merasa getaran gempa itu tetapi tidak membuat panik. Awalnya dirinya mengira ada kendaraan bertonase besar melewat depan rumahnya.

Sementara dihubungi secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Novian Rahmat mengatakan getaran gempa Garut memang sempat dirasakan oleh sebagian warga.

Pihaknya memperkirakan, gempa itu tidak akan berdampak kepada kerusakan bangunan karena getarannya relatif kecil dan durasinya singkat. Namun demikian, pihaknya telah menugaskan personel penanggulangan bencana untuk melakukan pemantauan.

Selain itu, ia mengimbau kepada masyarakat jika rumahnya terdampak atau mengetahui adanya kerusakan bangunan akibat getaran gempa tersebut untuk segera melapor agar bisa segera ditangani.

"Hingga kini belum ada laporan kerusakan akibat gempa Garut, tapi kami berharap tidak ada dampak kerusakan maupun korban luka ataupun jiwa," katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya menyebutkan gempa dengan M4,6 berlokasi di 8.14 Lintang Selatan (LS) - 107.31 Bujur Timur (BT), 121 km Barat Daya Kabupaten Garut di kedalaman 22 km.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement