Ahad 06 Aug 2023 06:35 WIB

Anies Janji Jadikan Rahmah El Yunusiyah Asal Padang Panjang Pahlawan Nasional

Rahmah El Yunusiah jadi perempuan pertama meraih gelar Syaikhah dari Al Azhar Mesir.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Agus raharjo
Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan saat pelantikan pengurus DPW Partai Nasdem Sumbar di Hotel Grand Zuri, Padang, Sabtu (5/8/2023).
Foto: Republika/Febrian Fachri
Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan saat pelantikan pengurus DPW Partai Nasdem Sumbar di Hotel Grand Zuri, Padang, Sabtu (5/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, menilai Rahmah El Yunusiah merupakan tokoh perempuan yang telah memberikan pengaruh besar pada dunia pendidikan untuk kaum perempuan hingga tingkat dunia. Rahmad El Yunusiah merupakan reformator pendidikan Islam dan pejuang kemerdekaan Indonesia asal Padang Panjang.

Rahmah diketahui juga merupakan pendiri Perguruan Diniyah Putri Padang Panjang. Dengan segala jasa besar yang telah diberikan kepada bangsa, terutama kalangan perempuan, Anies menilai sudah selayaknya Rahmah diberikan gelar pahlawan nasional.

Baca Juga

“Sudah saatnya Rahmah El Yunusiah menjadi pahlawan nasional. Karena telah memberikan ruang pendidikan bagi perempuan,” kata Anies, saat berpidato pada acara pelantikan Pengurus DPW Partai Nasdem Sumbar, di Hotel Grand Zuri, Padang, Sabtu (5/8/2023).

Anies menceritakan sekilas kisah Rahmah El Yunusiah ketika menerima kedatangan petinggi Universitas Al Azhar Kairo, Mesir pada 1955 lalu. Ketika para petinggi Universitas Al-Azhar mengunjungi Padang, mereka menyempatkan untuk datang ke Diniyah School Puteri.

 

Inspirasi bagi Al-Azhar Kairo ...

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement