Kamis 03 Aug 2023 15:46 WIB

Pertegas Arahan Megawati, Ganjar: Wajib Hukumnya Sejahterakan Rakyat & Tegakkan Pancasila

Ganjar Pranowo berkomitmen sejahterakan rakyat dan pegang ideologi Pancasila.

Ganjar Pranowo bersama purnawirawan TNI Polri
Foto: dok web
Ganjar Pranowo bersama purnawirawan TNI Polri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokoh yang digadang menjadi calon presiden haruslah berideologi pancasila dan berkomitmen menyejahterakan rakyat. Dua hal itu menjadi cita-cita pendiri bangsa dan ruh Undang - Undang Dasar 1945.

Calon Presiden dari PDIP Ganjar Pranowo menjelaskan dirinya tegak lurus dengan PDI Perjuangan dan memiliki komitmen sangat kuat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta memegang teguh ideologi.

Baca Juga

Hal tersebut merupakan beberapa poin penting dari arahan yang dikemukakan oleh Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri kepadanya.

"Arahan dari Ibu Megawati. Saya dinasihati bahwa 'Kader partai ketika di jabatan publik, wajib hukumnya menyejahterakan rakyat'. Yang kedua, beliau memberi saya penjelasan tentang bahwa ketika menjabat, landasan ideologi itu tak boleh bergeser," ujar Ganjar di Jakarta pada Kamis (3/8/2023).

 

Menurutnya, bagaimana pesan dari Megawati itu memang sangat kontekstual dengan kondisi bangsa saat ini.

Selain itu, untuk menjaga kedaulatan negara juga selama ini telah diberlakukan oleh Presiden Jokowi melalui adanya program kebijakan hilirisasi, yang mana kebijakan itu akan terus dilanjutkan oleh Ganjar Pranowo.

Terdapat benang merah dari gaya kepemimpinan antara Megawati dan juga Presiden Joko Widodo. Sehingga itu juga yang akan dipegang teguh oleh pemimpin berambut putih ini.

"Jadi, ada benang merah ideologi estafet kepemimpinan nasional yang kita perjuangkan bersama, dilakukan untuk menyejahterakan rakyat," ujar Ganjar.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Solo, FX Hadi Rudyatmo mengemukakan terdapat kode mengenai siapa Capres yang akan didukung oleh Presiden Jokowi.

Dirinya menyinggung mengenai baju bergaris warna hitam putih yang kini menjadi baju kampanye milik Ganjar Pranowo.

Baginya, baju itu memiliki banyak makna yang tersembunyi dan mengibaratkan baju itu sebagai ungkapan yang penuh makna dari Kepala Negara.

"Pak Jokowi memberikan kode baju garis hitam putih. Garis itu adalah 'Ganjar RI Satu' itu sabdo pandito ratu, garis itu 'Ganjar RI Satu'," kata FX Rudy.

"Yang ngasih garis itu Pak Jokowi tapi itu sanepan tapi ora enek sing mudeng (tapi nggak ada yang tahu). Garis itu Ganjar RI Satu," sambung dia.

Senada, Politikus PDI Perjuangan Adian Napitupulu juga menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo jelas memberikan dukungan penuhnya kepada rekan satu partainya, yakni Ganjar Pranowo.

Bahkan dia mengaku sempat bertanya secara langsung kepada Kepala Negara mengenai bagaimana arah dukungan beliau dalam Pilpres 2024 mendatang.

Kemudian Presiden Jokowi menjawab bahwa dirinya mendukung penuh Ganjar, namun meminta agar semua pihak tetap bersabar.

"Saya tanya langsung sama Presiden. Sudah ketemu. Dia bilang sabar Mas Adian, kita begini, begini dulu, sampai begini," kata Adian.

"Oke kalau sudah sampai begitu, Bapak mendukung siapa? 'Ganjar Pranowo'," ujar Adian, menirukan jawaban dari Jokowi.

Dukungan itu bukan sekedar kode atau gestur semata, melainkan berasal dari jawaban atas pertanyaan langsung.

"Jadi saya tidak membaca kode. Saya tidak membaca gestur, tidak membaca arah sepatu, tidak membaca arah angin, saya tanya kok," kata Adian.

Memberi semangat dukung Ganjar

Lihat halaman berikutnya >>>

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement