Senin 31 Jul 2023 21:46 WIB

Hasil Tes DNA Korban Mutilasi Turi Identik dengan Ayah Korban

Polisi pastikan sampel darah tersebut identik dengan Redho

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Polres Klaten ungkap kasus pembunuhan disertai mutilasi, Kamis (22/6/2023).
Foto: Republika/Muhammad Noor Alfian c
Polres Klaten ungkap kasus pembunuhan disertai mutilasi, Kamis (22/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Polda DIY telah menerima hasil tes pemeriksaan DNA terhadap korban kasus pembunuhan mutilasi di Turi dari Lab DNA Rolabdokkes Pusdokkes Polri. Hasilnya, DNA yang terdapat pada sejumlah barang bukti kasus tersebut identik dengan salah satu anggota keluarga korban.

"Profil DNA tersebut cocok dengan sampel DNA ayah biologis korban R," kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes Nugroho Arianto, Senin (31/7/2023).

Polisi melakukan uji pemeriksaan DNA terhadap sampel darah yang ada pada sejumlah barang bukti pada kasus tersebut seperti parang, pisau, pintu dan tembok kamar mandi, tulang iga, jari manis, dan tulang tengkorak korban. Hasilnya bahwa dipastikan sampel darah tersebut identik dengan Redho.

"Memiliki DNA yang identik/kesamaan satu sama lain berasal dari satu individu yang sama," ucapnya.

Saat ini diketahui potongan tubuh korban masih ada di RS Bhayangkara Polda DIY. Belum diketahui kapan akan dibawa ke pihak keluarga."Kita masih menunggu dari pihak keluarga," ujarnya. 

Sebelumnya hal tersebut telah disampaikan lebih dulu oleh Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan siang tadi. Suwondo mengatakan hasil tes DNA tersebut identik berdasarkan sampel darah yang diambil dari korban yang dicocokkan dengan orang tua korban.

"Yang jelas hasil DNA yang khususnya terkait dengan darah itu sudah dilakukan dan sudah ada hasilnya, itu sama identik dengan orang tuanya," kata Suwondo di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (31/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement