Ahad 30 Jul 2023 19:16 WIB

Survei Utting Research dari Australia yang 'Berbeda'

Menurut Utting Research, elektabilitas Anies tak jauh dari Ganjar dan Prabowo.

Presentasi hasil survei politik. (Ilustrasi)
Foto:

Merujuk pada hasil survei Utting Research, bicara capres Anies Baswedan, Tatak Ujiyati mengatakan, elektabilitas Anies Baswedan mengalami peningkatan. "Tren peningkatan, bounce back elektabilitas Anies membuat sangat dekat dengan dua bakal capres lainnya," kata Tatak, Jumat (28/7/2023).

 

Tatak Ujiyati menjelaskan kembali bahwa naiknya elektabilitas Anies dalam waktu cepat atau sering disebut dengan bounce back menunjukkan tren peningkatan. Sebelumnya, elektabilitas Anies Baswedan dalam survei oleh berbagai lembaga, berkisar di 20 persen dan terpaut cukup jauh dari dua bakal capres lainnya.

"Bagaimanapun hasil survei, kami mengajak seluruh relawan Anies untuk tetap optimistis dan justru memandang hasil survei ini sebagai cambuk untuk bekerja lebih keras di lapangan dan memperkuat dukungan kepada Pak Anies," katanya menegaskan.

Tatak menjelaskan bahwa pihaknya sangat memahami tentang survei karena lama berkecimpung di bidang tersebut. Oleh sebab itu, melihat berbagai hasil survei, dia merasa tidak terlalu risau.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya juga menanggapi hasil lembaga survei asal Australia, Utting Research. Willy mengatakan, sebanyak 18 persen publik ingin adanya keberlanjutan pemerintahan saat ini, seperti yang ditawarkan Ganjar dan Prabowo. Sedangkan, 81 persen sisanya menginginkan adanya perubahan.

"Sebanyak 81 persen menginginkan perubahan. Baik yang menginginkan keberlanjutan dengan perubahan 61 persen dan perubahan penuh 20 persen," ujar Willy lewat keterangannya, Ahad (30/7/2023).

Menurut Willy, survei tersebut menunjukkan bahwa mayoritas rakyat Indonesia menginginkan perubahan yang digagas oleh Anies. Angka dari Utting Research semakin menunjukkan kehendak publik terhadap gagasan tersebut.

"Dengan angka-angka ini setidaknya kita tahu bahwa realitas perubahan yang diinginkan sebagian besar rakyat itu representasinya ada pada Anies Baswedan. Dari keinginan dan harapan rakyat untuk perubahan ini, sebenarnya Anies Baswedan mengalami kenaikan signifikan," ujar Willy.

 

photo
Karikatur Opini Republika : Waspada Hoax Pemilu - (Republika/Daan Yahya)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement