Jumat 28 Jul 2023 22:09 WIB

Bima Arya Segera Aktifkan Punggawa Suryakencana

Walkot Bogor Bima Arya akan segera mengaktifkan punggawa Suryakencana.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Kawasan pecinan Suryakencana, Kota Bogor. Walkot Bogor Bima Arya akan segera mengaktifkan punggawa Suryakencana.
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kawasan pecinan Suryakencana, Kota Bogor. Walkot Bogor Bima Arya akan segera mengaktifkan punggawa Suryakencana.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menanggapi viralnya pencurian tutup got pada gang-gang di kawasan Pecinan Suryakencana, Kota Bogor. Ia pun berencana akan mengaktifkan kembali Punggawa Suryakencana untuk mengawasi kawasan Suryakencana.

Bima Arya mengatakan, ia telah meminta Camat setempat untuk memeriksa apakah ada kamera CCTV di sekitar lokasi kejadian. Di mana dugaan aksi pencurian besi penutup got terjadi di Jalan Roda V, VI, dan gang lainnya.

Baca Juga

“Memang ini harus dihidupkan, selain CCTV, pengawasan dari warga. Kita akan aktivasi segera Punggawa Suryakencana,” kata Bima Arya, Jumat (28/7/2023).

Bima Arya mengatakan, langkah ini merupakan salah satu contoh pemberdayaan masyarakat warga yang akan menjaga merawat wilayah sendiri. Sehingga Punggawa Suryakencana akan diaktivasi segera.

Hari ini, ia pun sempat bertemu dan berdiskusi dengan Punggawa Suryakencana di Vihara Dhanagun. Bima Arya menyebutkan, konsep dari Punggawa Suryakencana ini juga sudah siap.

“Sudah siap sebenarnya konsepnya. Cuma momentum ini menurut saya penting. Karena kalau CCTV saja, pasti masih bisa diakalin. Tapi harus warga yang menjaga semua, termasuk kebersihannya karena banyak yang buang air sembarangan di situ,” ujarnya.

Sebelumnya, diberitakan Grill atau besi penutup got di sejumlah titik pada gang-gang kawasan Pecinan Suryakencana, Kota Bogor, raib dicuri orang tidak bertanggung jawab. Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor telah melakukan penggantian terhadap grill tersebut, karena berpotensi terhadap keselamatan warga.

Hilangnya besi-besi penutup got ini viral di media sosial melalui akun Tiktok sebuah kafe bernama Uncle Jo. Dalam video yang beredar, penutup got di Jalan Roda kawasan Suryakencana hilang di beberapa titik sehingga menyebabkan jalan dan got menjadi sejajar. Bahkan, banyak sampah yang dibuang sembarangan di got yang tidak tertutup.

Kadis PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina, mengatakan hilangnya penutup got itu terjadi hampir di seluruh gang kawasan Suryakencana. Diperkirakan, pencurian besi penutup got terjadi pada malam hari.

“Di situ kan pengguna jalan banyak juga nenek-nenek yang ke bawah, kita kan khawatir juga ya, kita ganti akhirnya untuk keselamatan. Jadi, kita ganti grill, cuma kita kuatin lagi pengaitnya,” kata Rena kepada Republika, Selasa (25/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement