Jumat 28 Jul 2023 02:29 WIB

Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara Depok Akan Diberlakukan Kembali Bulan Depan

Jalan Nusantara yang saat ini diberlakukan dua arah menunjukkan kinerja yang buruk.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agus raharjo
Pengendara melintas  di area proyek pembangunan underpass simpang tak sebidang di Jalan Dewi Sartika, Depok,Jawa Barat, Selasa (10/5/2022).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengendara melintas di area proyek pembangunan underpass simpang tak sebidang di Jalan Dewi Sartika, Depok,Jawa Barat, Selasa (10/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK–Polres Metro Depok dan Pemerintah Kota Depok menyebut akan melakukan uji coba kembali Sistem Satu Arah (SSA) di Jalan Nusantara, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas. Rencananya, uji coba SSA di ruas jalan tersebut akan dilakukan mulai 5 hingga 11 Agustus 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Kasat Lantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi (Kompol), Sugianto mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengadakan rapat membahas persiapan pemberlakukan kembali SSA di Jalan Nusantara. Pembahasan dilakukan bersama dengan Pemkot Depok, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dan instansi terkait.

Baca Juga

“Tentunya sebelum diberlakukan pasti akan ada sosialisasi kepada warga di sekitar Jalan Nusantara, baik ke kelurahan, RT dan RW, termasuk ke sekolah-sekolah. Hal ini agar pemberlakuan SSA ini tidak terkesan dadakan,” tutur Kompol Sugianto, dikutip dari situs informasi Pemkot Depok, Kamis (27/7/2023).

Menurutnya, uji coba pemberlakukan kembali SSA di Jalan Nusantara ini dalam rangka menjamin terciptanya Kamsebtibcar Lantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas). Dirinya meminta dukungan dari semua pihak agar uji coba nanti berjalan dengan lancar.

“Dulunya sebelum pembangunan Underpass Dewi Sartika di Jalan Nusantara ini sudah berlaku SSA dan nanti akan dikembalikan lagi menjadi satu arah. Mohon dukungan kepada semua pihak, nanti pada tanggal 5 sampai 11 Agustus 2023 akan diuji coba pemberlakuan SSA tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Pemkot Depok mengajukan penerapan kembali Sistem Satu Arah di Jalan Nusantara ke Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Maret lalu. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi kinerja jalan pasca-beroperasinya Underpass Dewi Sartika

Pemkot menyebut, hasil evaluasi kinerja lalu lintas pascaberoperasinya Underpass Dewi Sartika untuk Jalan Margonda Segmen I, Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Dewi Sartika menunjukkan kinerja baik. Sedangkan, Jalan Nusantara yang saat ini diberlakukan dua arah menunjukkan kinerja yang buruk, sehingga perlu dilakukan uji coba SSA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement