Rabu 19 Jul 2023 17:43 WIB

Tuan Guru Sahabat Ganjar Edukasi Masyarakat Kabupaten Langkat Tentang Sujud Sahwi

Adapun sujud sahwi adalah salah satu tata cara dalam ibadah sholat.

Tuan Guru Sahabat (TGS) Sumatra Utara (Sumut) mengadakan dzikir dan pelatihan Sujud Sahwi bersama Majelis Ta’lim Al-Ikhlas di Dusun VIll, Desa Cempa, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumut.
Foto: Sok. TGS
Tuan Guru Sahabat (TGS) Sumatra Utara (Sumut) mengadakan dzikir dan pelatihan Sujud Sahwi bersama Majelis Ta’lim Al-Ikhlas di Dusun VIll, Desa Cempa, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumut.

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAT -- Kelompok relawan Tuan Guru Sahabat (TGS) Sumatra Utara (Sumut) mengadakan dzikir dan pelatihan sujud sahwi bersama Majelis Ta’lim Al-Ikhlas di Dusun VIll, Desa Cempa, Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumut. 

“Kami mengadakan dzikir dan pelatihan sujud sahwi bersama Majelis Ta’lim Al-Ikhlas di kecamatan Hinai,” ujar Koordinator Daerah (Korda) Tuan Guru Langkat, Ronal Efendi Hasibuan, seperti dilansir pada Rabu (19/7/2023). 

Baca Juga

Adapun sujud sahwi adalah salah satu tata cara dalam ibadah sholat yang bertujuan untuk menggantikan kesalahan yang terjadi ketika melaksanakan salat, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja.

Ronal menjelaskan, maksud dari kegiatan itu untuk mengajak masyarakat, khususnya di Kabupaten Langkat untuk dapat menyempurnakan tata cara beribadah yang sesuai syariat Islam. “Tujuannya untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat di sini bagaimana Sujud Sahwi yang benar,” kata Ronal.

Dzikir dan pelatihan Sujud Sahwi yang diselenggarakan oleh Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut diisi oleh Ustadz Rahmansyah Al Hasan. Kegiatan ini pun mendapat respons dari antusias dari masyarakat yang aktif melontarkan pertanyaan.

“Respons masyarakat sangat tinggi dan keinginan masyarakat acara seperti ini lebih ditingkatkan lagi,” ungkap Ronal.

Senada, salah satu peserta dzikir dan pelatihan sujud sahwi, Santi (43 tahun) menyampaikan apresiasinya. Dia mengatakan, banyak pelajaran baru yang didapatkan setelah mengikuti kegiatan ini. Santi pun berharap ke depannya Tuan Guru Sahabat Ganjar lebih rutin menggelar acara serupa di wilayahnya.

“Jadi, dengan ada pelatihan ini kami bisa menjadi tahu bagaimana cara sujud sahwi dan bacaannya. Semoga ke depan kami mendapat ilmu lagi tentang sholat," ungkap Santi.

Sebelum menutup kegiatan dzikir dan pelatihan sujud sahwi, Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut beserta Majelis Ta’lim Al Ikhlas juga mengadakan doa bersama untuk mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Saya berdoa semoga Pak Ganjar jadi presiden dan menjadi presiden yang disenangi masyarakat Indonesia,” kata Santi.

Sebelumnya, kelompok yang sama menggelar dzikir dan praktik sujud tilawah di Lingkungan IV, Kelurahan Brohol, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumut bersama Majelis Taklim Islamiyah.

“Kami di sini melaksanakan kegiatan edukasi keagamaan mengenai tentang praktik atau simulasi tentang sujud tilawah,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) TGS Ganjar Sumatera Utara, Zulpi Andika.

Dalam kegiatan ini, TGS Ganjar memberikan pengetahuan seputar sujud tilawah. Salah satu Tuan Guru menyampaikan sujud tilawah merupakan gerakan yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 

"Sujud tilawah bisa dilakukan di dalam dan luar salat. Jika dilakukan di dalam salat, sujud dilakukan mengikuti imam," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement