Rabu 18 Oct 2023 15:09 WIB

Relawan Tuan Guru Ganjar Kerja Bakti Pembangunan Masjid di Langkat Sumut

Bantuan yang diberikan antara lain pasir, batu bata dan semen.

Bantuan pembangunan di Dusun IV, Desa Serapo ABC, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.
Foto: Dok. Web
Bantuan pembangunan di Dusun IV, Desa Serapo ABC, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN LANGKAT -- Sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumatera Utara (Sumut), terus melakukan aksi nyata dalam membantu masyarakat. Kali ini, mereka menyalurkan bantuan bahan material untuk pembangunan Masjid Nurul Iman.

Tuan Guru Sahabat Ganjar memberikan langsung bantuan kepada Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Nurul Iman yang berlokasi di Dusun IV, Desa Serapo ABC, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat. 

Baca Juga

Ronal Efendi Hasibuan selaku Koordinator Daerah Tuan Guru Sahabat Ganjar Kabuapaten Langkat menyebutkan, bantuan material yang diberikan untuk pembangunan masjid antara lain pasir, batu bata dan semen.

"Kegiatan Tuan Guru Sahabat Ganjar hari ini yaitu untuk memberikan bantuan kepada Masjid Nurul Iman yang ada di Kabupaten Langkat. Bantuan yang kita berikan antara lain pasir, batu bata dan semen," ujar Ronal di lokasi.

Selain menyalurkan bantuan, sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar juga gotong-royong bersama warga untuk menyiapkan proses pembangunan masjid yang menjadi satu-satunya masjid di desa tersebut.

Adapun total warga yang bermukim di Dusun IV yakni sekitar 200 KK. Hampir semua penduduknya merupakan umat Muslim yang banyak menggunakan Masjid Nurul Iman sebagai tempat berkegiatan keagamaan.

Ronal mengharapkan adanya bantuan pembangunan masjid dari Tuan Guru Sahabat Ganjar, ibadah maupun kegiatan keagamaan di Masjid Nurul Iman menjadi lebih nyaman dan optimal untuk warga.

"Kami membantu pembangunan Masjid Nurul Iman ini karena keadaan masjid ini memang kurang dan perlu uluran tangan dari kita. Tujuan pembangunan ini antara lain untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat," kata Ronal.

Sementara itu Ketua BKM Masjid Nurul Iman Sunaryo, sekaligus mewakili warga menyampaikan begitu banyak terima kasih kepada para pendukung Ganjar Pranowo itu.

Dia menyebutkan, masyarakat Dusun IV sangat menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan positif dan bermanfaat dari sukarelawan Tuan Guru Sahabat Ganjar. 

"Bantuan ini cukup menyenangkan untuk masyarakat Dusun IV. Kami semakin berbahagia untuk beribadah di Masjid Nurul Iman ini. Jadi saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pak Ganjar ataupun relawan Tuan Guru Sahabat Ganjar," ungkap Sunaryo. 

Ini bukan kali pertama TGS menggelar kegiatan di Langkat. Melalui kegiatan dzikir dan pelatihan cara bersuci dari hadas bersama Majelis Taklim Babussalam di Desa Karang Rejo, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat. 

Koordinator Daerah (Korda) Tuan Guru Langkat Ronal Efendi Hasibuan mengatakan tujuan pelatihan ini untuk mengedukasi warga agar memahami bagaimana caranya bersuci yang benar dari hadas. 

"Kegiatan kami hari ini dzikir dan pelatihan cara bersuci dari hadas. Harapannya masyarakat lebih mengerti lagi apa sebenarnya hadas besar dan kecil. Masyarakat di sini mungkin selama ini pun belum paham kali mana hadas besar dan kecil," ujar Ronal, demikian dilansir dari Antara. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement