Senin 17 Jul 2023 10:09 WIB

PKS Harap Golkar Gabung Koalisi Perubahan Usung Anies

PKS berharap Golkar bisa bergabung dengan Koalisi Perubahan mengusung Anies Baswedan.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. PKS berharap Golkar bisa bergabung dengan Koalisi Perubahan mengusung Anies Baswedan.
Foto: Dok Republika
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. PKS berharap Golkar bisa bergabung dengan Koalisi Perubahan mengusung Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu, menanggapi hadirnya elite Partai Golkar dalam Apel Siaga Perubahan yang digelar Partai Nasdem. Tentu ia berharap, kedatangan partai berlambang pohon beringin itu berlanjut menjadi dukungan terhadap Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres).

"Saya kira bagian dari upaya kita untuk berkomunikasi dengan berbagai partai terus dijalin nah hari ini mungkin Pak Surya Paloh dan mengundang partai-partai dan yang bersedia hadir hari ini ya Partai Golkar Kita menyambut baik dan gembira," ujar Syaikhu.

Baca Juga

"Mudah-mudahan Ini juga akan bisa menjadi bagian ke depannya bisa menjadi koalisi bersama," katanya.

Sejumlah elite Partai Golkar menghadiri langsung Apel Siaga Perubahan yang digelar Partai Nasdem. Selain partai berlambang pohon beringin itu, yang hadir hanyalah anggota dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yakni Partai Demokrat dan PKS.

Elite yang hadir adalah Wakil Ketua Umum Partai Golkar Rizal Mallarangeng, Kepala Badan Hukum dan HAM (Bakumham) Partai Golkar Supriansa, dan Ketua DPP Partai Golkar Christina Aryani. Kehadiran mereka disebut sebagai bentuk persahabatan dengan Partai Nasdem.

"Ini adalah bentuk persahabatan kami dengan Partai Nasdem seperti halnya juga dengan partai-partai yang lain. Bagi Partai Golkar silaturahmi dan persahabatan antar partai politik sangat penting sebagai bagian pembelajaran bagi seluruh masyarakat," ujar Christina lewat keterangannya, Ahad (16/7/2023).

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh sendiri merupakan mantan senior Partai Golkar. Diketahui, Surya Paloh berada di partai berlambang pohon beringin itu selama 42 tahun. "Kehadiran Partai Golkar pada acara ini tentu saja sebagai bentuk penghargaan kami atas undangan yang diterima dari Partai Nasdem," ujar Christina.

Sementara itu dalam pidatonya, Surya Paloh menyapa khusus kehadiran Partai Golkar. Pada awal pidatonya, ia menyebut kehadiran ketiga elite partai berlambang pohon beringin itu merupakan utusan khusus.

"Rekan-rekan kita sebagai utusan khusus dari Partai Golkar juga hadir. Kita berikan tepuk tangan untuk itu," ujar Paloh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement