Sabtu 15 Jul 2023 23:19 WIB

Bangka Tengah Gelar Kontes Durian Unggul Khas Lokal, Cocok untuk Pencinta Durian

Kontes durian khas lokal ini digelar secara rutin setiap musim durian.

Durian (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kontes durian unggul khas lokal.
Foto: The Flaming Vegan
Durian (ilustrasi). Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kontes durian unggul khas lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA TENGAH -- Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kontes durian unggul khas lokal di Desa Air Mesu yang diikuti sebanyak 30 peserta.

"Kontes durian khas lokal ini tentu saja untuk memperkenalkan keunggulan tanaman lokal dan mendorong semangat masyarakat dalam membudidayakan tanaman durian dengan kualitas unggul," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman saat meninjau pelaksanaan kontes durian tersebut di Desa Air Mesu, Sabtu (15/7/2023).

Baca Juga

Bupati menjelaskan bahwa kontes durian khas lokal ini digelar secara rutin setiap tahun atau pada saat tiba musim durian. "Semua yang dipajang dan dibawa dalam kontes durian ini merupakan buah durian lokal dengan kualitas baik, saya sudah mencicipinya dan memang rasanya sangat lezat," ujarnya.

Kontes durian lokal tahunan tersebut, menurut dia, merupakan bagian dari upaya untuk mempopulerkan aneka jenis durian khas Bangka Tengah. "Ini juga untuk menggeliatkan dan menggerakkan ekonomi kerakyatan, setidaknya produksi durian petani dapat meningkatkan perekonomian warga kendatipun sifatnya musiman," katanya.

Ia menjelaskan, panitia menilai penampilan luar, penampilan dalam, ketebalan isi, rasa, keunikan, dan ukuran biji dalam kontes tersebut. Dalam kesempatan itu, bupati juga menyicipi durian Sunggokong yang merupakan durian khas lokal cukup terkenal dan bahkan pemasaran durian kualitas super tersebut sudah sampai ke luar daerah.

"Sunggokong ini merupakan durian khas lokal, cukup terkenal kelezatannya dengan tekstur isi yang tebal, kuning dan cukup manis," ujar mantan Ketua DPRD Bangka Tengah itu.Ketua Pelaksana kontes durian unggul khas lokal M Rizki mengatakan durian yang ikut kontes semuanya durian dari Desa Air Mesu dan nanti akan dilelang.

"Semuanya adalah durian lokal dari Desa Air Mesu dan nanti para pemenang lomba kontes durian akan di lelang," ujarnya.

Ia mengatakan, mengutamakan petani durian dari Desa Air Mesu yang ikut kontes tersebut. "Durian yang ikut kontes dan yang keluar sebagai pemenang 1 sampai 3 dan harapan 1 sampai 3 nanti akan dilelang," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement