Sabtu 15 Jul 2023 15:49 WIB

Kala Prabowo Bertekad Lanjutkan Hilirisasi dan Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi

Capres Prabowo Subianto bisa menggaet suara pendukung Jokowi pada Pilpres 2024.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjawab pertanyaan wartawan usai pertemuan di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (14/7/2023).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjawab pertanyaan wartawan usai pertemuan di Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Jumat (14/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden (capres) Partai Gerindra, Prabowo Subianto bertekad untuk melanjutkan program hilirisasi dan pembangunan infrastruktur pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu agar pendapatan naik sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju.

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul menilai, Prabowo memang berkomitmen untuk meneruskan program dan kebijakan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin jika diberikan amanah untuk menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. "Hilirisasi, infrastruktur, apa yang dikerjain Jokowi, Prabowo Subianto akan melanjutkan itu," kata Adib kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (15/7/2023).

Adib menilai, komitmen kuat Prabowo untuk meneruskan program hilirisasi dan pembangunan infrastruktur era Jokowi dapat memberikan dampak elektoral menuju Pilpres 2024. Dengan melanjutkan kinerja Jokowi, sambung dia, Prabowo berpeluang besar menggaet suara dari para pendukung orang nomor satu di Indonesia tersebut. 

Menurut Adib, Jokowi hingga detik ini masih memiliki basis pendukung yang terawat dengan baik. Adib percaya, Jokowi dapat menjadi aktor utama penentu arah suara para pendukungnya untuk mendukung capres yang akan berlaga pada Pilpres 2024. 

Oleh karena itu, kata dia, Jokowi merupakan penentu keputusan yang krusial bagi pesta demokrasi tahun depan. Meskipun RI 1 tidak punya partai, tapi basis pendukung Jokowi saat ini masih terawat dengan baik. "Saya salah satu pengamat yang percaya bahwa Jokowi itu king maker, boleh dia tidak punya partai tapi dia punya pendukung yang banyak," kata Adib. 

Sebelumnya, Prabowo secara tegas mendukung program hilirisasi pada masa kepemimpinan Presiden Jokowi. Prabowo mengatakan jika program hilirisasi yang tengah digalakkan oleh Presiden Jokowi sangat tepat dalam rangka memperkuat pendapatan negara serta kekuatan ekonomi masyarakat. 

“Presiden Joko Widodo bertekad untuk sumber daya alam kita tidak boleh dijual murah, dalam bentuk bahan mentah. Kita harus olah di sini (Indonesia),” kata Prabowo dalam acara Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XVI di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (13/7/2023).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement