Jumat 14 Jul 2023 06:55 WIB

Kawanan Gajah Rusak Kebun dan Rumah Warga di Rumbai

Kawanan gajah tercatat sebanyak 11 ekor, empat di antaranya gajah dewasa.

Rep: Febrian Fachri / Red: Friska Yolandha
Rumah warga rusak oleh kawanan gajah (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas/foc.
Rumah warga rusak oleh kawanan gajah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Kawanan gajah merusak kebun dan rumah warga di Kelurahan Rumbai Bukit, Kota Pekanbaru. Salah seorang warga Rumbai Bukit, Edi Martop (50), mengatakan kawanan gajah tersebut merusak tanaman ubi, pisang, dan pepaya miliknya di atas lahan seluas 30 hektare.

"Kami sudah melaporkannya ke RT, Lurah hingga Polisi kehutanan. Tolong Pak, gajah rusak tanaman kami. Tak mungkin kami tembak atau bunuh, kan salah," kata Edi, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga

Selain tanaman, kawanan gajah tersebut menurut Edi juga merusak dua rumah warga di Rumbai Bukit. Kawanan gajah ini diketahui muncul sejak Jumat (7/7/2023) lalu.

Sejak kawanan hewan berbelalai itu, warga Rumbai Bukit tidak dapat tidur nyenyak karena berusaha mengusir kawanan gajah itu sampai malam. Warga berusaha mengusir kawanan gajah ini dengan menyalakan api.

 

Warga kata Edi menghitung jumlah kawanan gajah itu sebanyak 11 ekor. Empat ekor gajah dewasa dan sisanya masih muda.

Edi meminta pihak berwenang segera turun tangan. Karena kerusakan lahan perkebunan membuat perekonomian warga terganggu.

"Kalau tanaman kami dirusak, apa yang kami jual untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga kami," ujar Edi.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Hutan BKSDA Riau Ujang H mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti informasi kemunculan gajah di Rumbai Bukit yang dilaporkan warga.

"Sejak tanggal 7 Juli 2023 sudah berupaya menurun tim mitigasi. Sampai hari ini tim masih berupaya melakukan penghalauan di lokasi," ucap Ujang.  

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement