Kamis 13 Jul 2023 12:36 WIB

Erick Thohir Sudah Bertemu Cak Imin Bahas Cawapres, Sekjen PAN: Itu Sinyal Baik

Restu Cak Imin dalam merealisasikan pasangan Prabowo dan Erick tentu sangat penting.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) disebut sudah bertemu dengan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (kiri) membahas cawapres Prabowo Subianto.
Foto: Antara/Jojon
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) disebut sudah bertemu dengan Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (kiri) membahas cawapres Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno menanggapi kabar sudah bertemunya Menteri BUMN Erick Thohir dengan Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Menurutnya, pertemuan itu merupakan hal baik jelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Jika Pak Erick Thohir sudah bertemu dengan Cak Imin saya kira itu sinyal yg baik, di mana kedua tokoh itu juga sudah menjalin komunikasi," ujar Eddy di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/7/2023).

Baca Juga

Dia berharap, pertemuan Erick dan Muhaimin menghasilkan titik temu yang positif. Khususnya dalam menjadikan Erick sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Restu Cak Imin dalam merealisasikan peluang berpasangannya Prabowo dengan Erick tentu sangat penting. Mengingat PKB sudah meneken kerja sama politik dengan Partai Gerindra lewat Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

"Mudah-mudahan setelah pertemuan ini kita akan melihat sinyal yang lebih positif, terakselerasi. Sehingga Pak Prabowo dan Pak Erick Thohir bisa menemukan titik temu agar mereka saling bisa mendukung dan bersepakat diusung di dalam Pilpres 2024," ujar Eddy.

Kendati demikian, PAN belum mengetahui apakah pertemuan Erick dengan Muhaimin sudah menghasilkan suatu kesepakatan. Partainya pun belum bersikap terkait peluangnya bergabung dengan KKIR.

"Saya mengatakan kepada siapapun di antara para capres yang tadi saya sebut Pak Ganjar atau tadi Pak Prabowo yang mengambil Pak Erick sebagai cawapres. Tentu kami akan segera bisa memutuskan arah politik kita di pilpres," ujar wakil ketua Komisi VII DPR itu.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani tak menjawab gamblang apakah nama Menteri BUMN Erick Thohir masuk dalam radar untuk dijadikan sebagai cawapres dari Prabowo. Dia hanya mengaku, Gerindra memang mengamati sepak terjang Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) itu.

"Kami juga ikuti dan amati Pak Erick Thohir. Apakah masuk radarnya, ya?" ujar Muzani tanpa menyelesaikan kalimatnya tersebut di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Dia juga membenarkan, PAN mengangkat nama Erick dalam pertemuan keduanya. Muzani menegaskan, sikap menghargai setiap usulan dan aspirasi dari partai politik yang bertemu dengan Partai Gerindra.

"Karena itu kami merasa terhormat siapapun nama yang diusungkan itu adalah orang-orang yang dianggap terbaik, berbakti kepada bangsa dan negara. Kami menyimak dengan bersama, mudah-mudahan akan menyampaikan hasil pembicaraan itu dengan Pak Prabowo Subianto," ujar Muzani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement