Kamis 13 Jul 2023 11:14 WIB

PPDB SMA 2023 di Banten Berakhir, Ombudsman: 5.000-an Kursi Kosong

Jalur afirmasi penyumbang terbanyak kursi kosong pada PPDB SMA di Banten.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andri Saubani
Sejumlah orang tua murid antre menyerahkan berkas untuk mendaftarkan masuk sekolah anaknya di SMAN 3 Tangerang, Tangerang, Banten. (ilustrasi)
Foto:

PPDB 2023 jalur zonasi jenjang sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Banten termasuk Kota Tangerang, Banten, resmi ditutup pada pekan ini. Temuan menariknya, jarak terdekat calon peserta didik yang diterima di SMAN 1 Kota Tangerang hanya 51 meter, padahal lokasi sekolah di sekitar tempat bisnis, hotel dan Polresta Metro Tangerang Kota.

Salah satu petugas yang menyapu jalan di sekitar SMAN 1 Kota Tangerang, Karni mengakui tak ada rumah warga atau kontrakan di area sekitar salah satu sekolah favorit Kota Tangerang ini.

"Kalau di dekat SMA 1 Kota Tangerang tidak ada rumah warga atau kontrakan. Karena kalau di dekat sini hanya ada ruko tempat makan, bank, hotel, minimarket, kantor, atau Polres Metro Tangerang yang ada di seberang sekolah ini," ujar Karni yang tengah menyapu saat ditemui Republika di depan SMA 1 Kota Tangerang, Rabu (12/7/2023).

Karni menduga ada rumah warga di belakang sebuah minimarket yang ada di sebelah SMAN 1 Kota Tangerang. Namun, dirinya tidak yakin dan meminta Republika untuk kembali bertanya ke warga dekat area tersebut. Republika juga diminta untuk menanyakan rumah warga di Jembatan Cisadane Polresta Metro Tangerang di depan Pakons Prime Hotel. 

"Memang agak jauh sih (sekitar 500 meter dari SMAN 1 Kota Tangerang)," katanya.

Pantauan Republika, selain sebagai sekolah terfavorit ternyata letak SMAN 1 Kota Tangerang memang cukup strategis. Sebab, sekolah ini dikelilingi oleh kawasan bank, perkantoran, restauran, hingga kantor polisi.

Di seberang jalan di depan SMAN 1 Kota Tangerang terdapat deretan ruko yang digunakan sebagai restoran makanan, kantor perbankan, Mapolres Metro Tangerang Kota, dan di dekat Jembatan Cisadane Mapolresta Tangerang ada Hotel Pakons Prime. Kemudian, sebelah kanan SMA 1 Kota Tangerang terdapat dua minimarket yang langsung berbatasan dengan Jalan Windu Karya.

Di sudut belakang dan bagian sebelah kiri SMAN 1 Kota Tangerang dikelilingi oleh sebuah gedung kosong berwarna cokelat yang tidak berpenghuni dan berbatasan langsung dengan Alun-alun Kota Tangerang. Area gedung kosong tersebut memiliki area halaman yang luas yang kerap digunakan sebagai tempat parkir mobil dan motor. Jika melihat aplikasi Google Maps, radius sejauh 51 meter dari SMAN 1 Kota Tangerang hanya meliputi wilayah ini.

 

photo
Menyiapkan bekal makan untuk anak sekolah. - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement