Rabu 12 Jul 2023 20:52 WIB

Polres Metro Bekasi dan Unkris Sepakat Kerja Sama Cegah Kejahatan Seksual dan Jalanan

Unkris kampus pertama yang dikunjungi Kapolres Bekasi Kombes Doni sejak dilantik.

 Jajaran pimpinan Universitas Krisnadwipyana (Unkris), dewan pembina, dewan pengawas, dan Ketua Yayasan Unkris berfoto bersama dengan Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Doni Hamdani SIK MPM.
Foto: Unkris.
Jajaran pimpinan Universitas Krisnadwipyana (Unkris), dewan pembina, dewan pengawas, dan Ketua Yayasan Unkris berfoto bersama dengan Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Doni Hamdani SIK MPM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Doni Hamdani SIK, MPM, mengunjungi kampus Universitas Krisnadwipayana (Unkris) pada Selasa (11/7/2023) untuk menjalin tali silaturahmi dan meningkatkan kolaborasi. Kedatangan orang nomor satu di jajaran Polresta Metro Bekasi tersebut disambut langsung oleh Rektor Unkris Dr Ayub Muktiono.

Rekor Unkris didampingi Ketua Pembina Unkris Prof Gayus Lumbuun, Ketua Pengawas Yayasan Irjen Pol (Purn) Drs Ali Johardi SH MH, Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin SH, para wakil rektor, dan Dekan Fakultas Hukum Prof Abdul Latief.

Unkris menjadi kampus pertama yang dikunjungi Kombes Pol Doni sejak dilantik menjadi Kapolres Metro Bekasi pada Februari 2023 lalu.

"Unkris mengapresiasi dan berterima kasih atas kunjungan Kapolres Metro Bekasi ke kampus Unkris. Terlebih ini adalah kampus pertama yang dikunjungi oleh Kapolres. Tentu kami sangat tersanjung dengan kunjungan Bapak Kapolres ke kampus ini,” kata Rektor Unkris Dr Ayub, seperti dalam keteraangan tertulisnya, Rabu (12/7/2023).

Menurut Dr Ayub, kunjungan Kapolres Metro Bekasi tidak hanya sekadar menjalin tali silaturahmi antar dua instansi atau lembaga. Lebih dari itu, kunjungan Kapolres memiliki nilai strategis bagi pengembangan kampus Unkris ke depan.“Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM memungkinkan kami menjalin kerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi dengan pihak manapun termasuk Polresta Metro Bekasi,” jelasnya.

Dr Ayub mengakui sebagai perguruan tinggi dengan keunggulan di bidang ilmu hukum, maka peluang kerja sama dengan Polresta sangat terbuka lebar. Baik dalam hal sosialisasi persoalan hukum, kajian hukum, hingga riset terkait bidang hukum yang melibatkan kaum akademisi Unkris. “Kami siap berkolaborasi dengan Polresta Metro Bekasi dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.”

Sementara itu, Kapolres Kombes Pol Dani dalam sambutannya menyambut baik tawaran Unkris untuk meningkatkan kerja sama. Bagi Kapolres, Unkris merupakan kampus yang penting untuk dikunjungi, terutama guna menjajaki peluang kerja sama yang lebih luas. “Kami berterima kasih kepada seluruh sivitas akademika Unkris dalam hal dukungannya menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis,” katanya.

Kapolres Bekasi ini berharap Unkris dapat terus bersinergi dengan Polres Metro Bekasi dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di Kota Bekasi.

Harapan senada juga disampaikan Ketua Yayasan Unkris Amir Karyatin. Sebagai sebuah perguruan tinggi yang terus bertumbuh menuju Kampus Unggul 2025, Unkris membutuhkan dukungan dari Polresta Metro Bekasi Kota, terutama dalam hal implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Selama ini, Unkris telah menjalin kerja sama yang baik dengan kepolisian terutama Polsek Pondokgede di mana kampus Unkris berdomisili,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengawas Yayasan Unkris Irjen Pol (Purn) Drs Ali Johardi SH MH menyampaikan bahwa tantangan keamanan ke depan akan semakin berat mengingat pengaruh media sosial sangat besar dalam mendorong terjadinya tindak kejahatan dengan media informasi sebagai sarananya. “Ini mengapa kerja sama antara aparat kepolisian dengan kaum akademisi sangat penting,” tukasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Dewan Pembina Unkris Prof Gayus Lumbun. Menurut Prof Gayus, sebagai gudangnya kaum akademisi, sudah selayaknya Unkris mengambil peran lebih besar mendukung upaya Polresta Bekasi Kota dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan wilayah melalui sumbangsih pemikiran dan inovasi para dosen dan mahasiswa.

Pada akhir pertemuan, disepakati tentang kegiatan bersama antara Unkris dengan Polres Metro Bekasi Kota terkait masalah penanganan dan penanggulangan kejahatan seksual maupun kejahatan jalanan. Bahkan Dekan FH Unkris Prof Abdul Latief akan mempersiapkan secara teknis bentuk nyata dari kerja sama tersebut di lapangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement