Selasa 11 Jul 2023 17:51 WIB

PAN Percaya Diri dengan Dukungan Akar Rumput NU di Pemilu 2024

Sebagian akar rumpu NU disebut memberikan dukungan ke PAN

Deklarasi untuk Partai Amanat Rakyat dari sejumlah kiai di Kota Malang, Jawa Timur.
Foto: Dok Istimewa
Deklarasi untuk Partai Amanat Rakyat dari sejumlah kiai di Kota Malang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Partai Amanat Nasional (PAN) merupakan partai yang terus konsisten mendapat dukungan dari berbagai golongan. 

Termasuk dari warga Nahdlatul Ulama (NU) yang ada di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

Baca Juga

"Bersama NU, PAN kami terus dukung dan saya mau sampaikan dari para Kyai bahwa warga NU tidak haram mencoblos PAN," kata Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kedungkandang Kota Malang, Ustaz Daud Al-Anshori.

Daud mengatakan PAN sebagai partai koalisi pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus menjadi pilihan yang terdepan pada Pemilu 2024. Adanya dukungan dari Warga NU tersebut juga menambah nilai daya elektoral PAN. 

Hal itu terbukti dari hasil survei yang dilakukan survei nasional yang dilakukan oleh Indonesia Political Opinion (IPO), elektabilitas PAN kini terekam di angka 5,0 persen. Raihan elektabilitas PAN mengungguli PKS dan PPP 

Senada, tokoh masyarakat Malang Raya Gus Ferry Adha mengatakan, PAN terus mendapat sambutan positif saat mengajak warga Nahdliyin di Malang Raya untuk berikhtiar di jalur politik. 

Terdapat sejumlah tokoh NU juga turut memilih PAN sebagai perahu perjuangan diantaranya Gus Akhmad Bahrul Ulum, Gus Achmad Musa Nurullah Syadat, Gus Faiqul Akmali, dan Gus Thoriqul Jannah Al Abidi. 

"Kita warga NU memberikan dukungan kepada PAN sebagai wujud konkret yang peduli terhadap kemajuan bangsanya," ucap Gus Ferry. 

Merujuk pada hasil survei Litbang Kompas memotret elektabilitas PAN alami kenaikan signifikan. Survei yang diambil pada periode Mei 2023 menunjukkan, elektabilitas PAN sebesar 3,2 persen, naik 100 persen dari Januari yakni 1,6 persen.  

Sementara itu, tokoh masyarakat Pandeglang Banten, Kiai Deden, mengatakan PAN berkomitmen untuk senantiasa memperhatikan dan memperjuangkan kesejahteraan pesantren agar terjaga baik. 

Kondisi tersebut menjadi wujud kepedulian nyata PAN kepada umat Islam.

“PAN banyak berjuang untuk pesantren, guru-guru madrasah agar mendapatkan kemaslahatan yang layak,” kata dia.  

Tak hanya dalam bidang santri, PAN melalui kader-kadernya juga komitmen untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat umum. 

Melalui tindakan dan program, PAN berhasil menjawab tuntas berbagai persoalan di tengah-tengah masyarakat.

Sejumlah program PAN memang dinilai sukses membantu masyarakat. Mulai dari menstabilkan harga kebutuhan pokok hingga sukses menggagas gerakan pangan murah dalam skala nasional yang digagas oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan yang juga merupakan Ketua Umum PAN.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement