Selasa 11 Jul 2023 13:52 WIB

UAD Berikan Beasiswa Sebesar Rp 1 M untuk Alumni SMA Yogya

Pendaftar beasiswa Universitas Ahmad Dahlan lebih dari 500 orang

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gedung Museum Muhammadiyah selesai pembangunan di Komplek kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan beasiswa sebesar Rp 1 miliar
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Gedung Museum Muhammadiyah selesai pembangunan di Komplek kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan beasiswa sebesar Rp 1 miliar

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memberikan beasiswa sebesar Rp 1 miliar kepada alumni SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Rektor UAD, Muchlas mengatakan, beasiswa diberikan dengan tujuan membantu akses bagi anak untuk berprestasi.

Selain itu, beasiswa tersebut juga diberikan dengan harapan agar anak dapat melanjutkan pendidikan di tingkat perguruan tinggi yakni di UAD, dan memperluas wawasan tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Pemberian beasiswa tersebut dilakukan dalam acara Al-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) IPM, Senin (10/7/2023).

"Beasiswa yang kami berikan pada hari ini kepada Ananda Syaldan Bayu Yuska, alumnus SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta adalah sebesar Rp 1 miliar untuk digunakan menempuh studi di Ilmu Kedokteran, Fakultas Kedokteran UAD," kata Muchlas.

Muchlas menuturkan, pemberian beasiswa ini juga sebagai ajang mempromosikan UAD kepada pelajar SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi. Melalui beasiswa ini, pihaknya juga berharap dapat menjadi motivasi bagi pelajar lainnya yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Setiap beasiswa yang akan diberikan, lanjutnya, juga harus melalui proses seleksi yang sangat ketat. Disampaikan, pendaftar beasiswa tersebut lebih dari 500 orang.

Seleksi calon penerima beasiswa pun dilakukan dengan ketat hingga ditemukan penerima yang layak mendapatkan bantuan pendidikan tersebut. “Ini sangat kompetitif ya, perlu saya sampaikan bahwa beasiswa ini memiliki 500 lebih pendaftar. Setelah diperas kemudian diperas lagi, muncullah perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk kami berikan beasiswa,” ujarnya.

Selain beasiswa Rp 1 miliar ini, UAD juga menyediakan berbagai beasiswa lainnya. Seperti beasiswa full scholarship, beasiswa sumbangan pengembangan pendidikan (SPP), beasiswa uang gedung, beasiswa dari keluarga Persyarikatan Muhammadiyah, hingga beasiswa talenta bakat.

“Ada beasiswa full scholarship, beasiswa penuh tidak membayar satu rupiah pun, beasiswa yang diberikan SPP-nya saja, beasiswa yang diberikan uang gedungnya saja, beasiswa yang berasal dari keluarga Persyarikatan Muhammadiyah, juga beasiswa yang berhubungan dengan talenta bakat kita,” kata Muchlas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement