Senin 10 Jul 2023 15:13 WIB

Zulhas Sebut PAN Siapkan Sederet Program Gaet Pemilih Milenial

PAN siapkan acara festival musik Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS).

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.
Foto: dok pribadi
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menegaskan partainya fokus menghadirkan banyak peluang untuk kemajuan pemilih muda. Zulkifli Hasan (Zulhas) mengakui PAN saat ini menaruh perhatian besar pada pemilih dari kalangan generasi milenial dan generasi Z yang mendominasi jumlah pemilih.

Zulhas mengatakan, PAN telah menyiapkan sederet ide untuk ditawarkan kepada anak muda dalam rangka menghadirkan solusi bagi persoalan yang tengah dihadapi masyarakat. Ketum PAN mengaku, salah satu yang ingin dihadirkan PAN adalah menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya untuk anak muda.

Baca Juga

Selain itu, partai berlambang matahari putih ini juga turut menghadirkan solusi kesejahteraan bagi para pemilih muda yang sudah berumah tangga. “PAN ingin pemilih muda yang sudah berumah tangga, bisa memiliki kemampuan membeli rumah dengan cicilan yang mudah dan murah, hal ini yang kita perlu hadirkan untuk disosialisasikan ke pemilih muda dan pemula," kata Zulhas, dalam keterangan, Senin (10/7/2023).

Menteri Perdagangan (Mendag) itu menegaskan, generasi muda memang merupakan segmentasi pemilih PAN, yang tentunya akan diberikan perhatian lebih. "Segmen pemilihnya PAN datang dari masyarakat urban, aktif produktif, termasuk mereka yang rasional dan menengah ke atas," tegas dia.

Selain hadirkan lapangan kerja dan kemudahan memiliki hunian, PAN juga ingin mendorong jiwa berwirausaha di kalangan anak muda. Salah satunya dengan menggelar festival musik bertajuk Birukan Langit Indonesia Stage (BLIS).

Putri Zulkifli Hasan, Futri Zulya Savitri mengatakan, gagasan festival ini tidak hanya menyajikan konser musik semata tapi juga mendorong generasi milenial untuk bangga dengan produk lokal. Tujuannya bisa merangsang jiwa enterpreuner generasi muda.

Sosok yang akrab disapa Putri ini mengatakan BLIS merupakan wadah paling tepat untuk mendekatkan UMKM dengan kalangan milenial, karena kaum muda tentu sangat menyukai acara musik. "PAN melihat festival musik dan UMKM adalah kombinasi efektif dalam menjaring perhatian anak muda," tutur caleg DPR dari PAN Dapil Lampung I itu.

Putri menegaskan, anak muda harus ikut aktif dalam memajukan produk UMKM, agar bisa bersaing dengan brand besar, utamanya produk-produk asing. "Di sini banyak UMKM lokal yang produknya nggak kalah dengan buatan luar negeri," tegas dia.

Pengamat politik Adi Prayitno, menilai strategi PAN akan membuka peluang menggaet dukungan dari kelompok muda. Ia menyebut Zulhas cermat dalam memahami situasi saat ini. "Hadirnya para tokoh populer dari kalangan selebriti menjadi penanda kesadaran Zulhas jika PAN tidak bisa lagi hanya andalkan pemilih mapan,” kata Adi.

Adi yakin kebijakan yang diambil PAN sudah sangat akurat dan memberi dampak terhadap masyarakat. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika PAN akan menjadi partai kuat di Pemilu 2024. “Tentu strategi ini akan berhasil, sekurangnya menempatkan PAN sebagai partai yang punya kekuatan baru,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement