Ahad 09 Jul 2023 22:34 WIB

Kontes Burung Gcreasi Sedot Animo Kicau Mania dan Warga Sekitar Sidoarjo

Ajang kompetisi burung itu berlangsung di wilayah Kelurahan Keboan Sikep.

Ajang kompetisi kicau burung di wilayah Kelurahan Keboan Sikep, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akhir pekan ini.
Foto: Dok. GCS
Ajang kompetisi kicau burung di wilayah Kelurahan Keboan Sikep, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Lomba kicau burung (gantangan) yang diadakan kelompok relawan Ganjar Creasi (Gcreasi) disambut meriah oleh puluhan kicau mania dari berbagai daerah di Kabupaten Sidoarjo.

Ajang kompetisi burung itu berlangsung di wilayah Kelurahan Keboan Sikep, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akhir pekan ini. 

Baca Juga

Perlombaan ini dibagi ke dalam tiga kelas dengan jenis burung yang berbeda, yakni cucak hijau, murai batu, dan kacer.

Koordinator Gcreasi, Suryo Adi Prakoso mengatakan sejumlah burung yang mengikuti kompetisi itu bakal dinilai oleh lima orang juri. Adapun, instrumen penilaiannya meliputi kemerduan suara, volume, dan lagu.

"Jadi gini, kalau kami dari Gcreasi mewadahi para kicau mania untuk menyalurkan hobinya supaya ke arah yang baik, bagaimana lomba itu yang baik, bagaimana penilaian itu yang baik, terus sportivitas otomatis ketika lomba," ucap Suryo di lokasi.

Suryo mengaku gantangan ini sebagai ajang menjalin silaturahmi, sekaligus mendukung para kicau mania atau pencinta burung menyalurkan hobinya.

Terlebih, menurut dia Kabupaten Sidoarjo merupakan daerah dengan pencinta burung berkicau yang cukup banyak. Banyak penghobi burung yang gemar melatih peliharaannya itu ke sejumlah gantangan di wilayah lainnya.

"Kalau ini, startnya sore tetapi peserta membludak, semua kelas (diisi) hampir 15 lebih orang, itu suatu prestasi untuk kelas di sore hari perlombaan burung," jelas dia.

Suryo menyebut pemenang dalam gantangan ini bakal mendapatakan hadiah serta sertifikat. Tak hanya itu, para peserta juga diberikan modal pembinaan untuk burung mereka.

Dia berharap acara ini dapat memotivasi para kicau mania untuk lebih aktif melatih dan merawat burung nya sehingga mampu menjuarai kompetisi-kompetisi berikutnya.

Gcreasi merupakan kumpulan sejumlah alumni Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan Universitas Airlangga yang telah mendeklarasikan dukungan untuk Ganjar Pranowo karena dinilainya layak meneruskan estafet kepemimpinan sebagai Presiden RI.

“Saya berharap dukungan baik itu dari akademisi, rakyat dan semua kalangan mampu memenangkan Bapak Ganjar Pranowo dan meneruskan estafet kepemimpinan sebagai seorang presiden,” ujar Koordinator Gcreasi Suryo Adi Prakoso, demikiam dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement