Ahad 09 Jul 2023 19:39 WIB

Bencana Pohon Tumbang Landa Dua Titik Berbeda di Sukabumi

Bencana pohon tumbang melanda di dua lokasi berbeda di Kabupaten Sukabumi, Jabar.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas BPBD Sukabumi mengevakuasi pohon tumbang. Bencana pohon tumbang melanda di dua lokasi berbeda di Kabupaten Sukabumi, Jabar.
Foto: bpbd kota sukabumi
Petugas BPBD Sukabumi mengevakuasi pohon tumbang. Bencana pohon tumbang melanda di dua lokasi berbeda di Kabupaten Sukabumi, Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana pohon tumbang melanda dua titik berbeda di Kabupaten Sukabumi. Kejadian tersebut menyebabkan satu unit rumah warga rusak dan di titik lainnya menimpa jalan raya alternatif Sukabumi.

"Pohon tumbang terjadi di jalan alternatif Kampung Jelegong, Desa Balekambang, Kecamatan Nagrak, Sukabumi," ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miky, Ahad (9/7/2023). Informasi yang diperoleh pohon tumbang akibat disambar petir.

Baca Juga

Miky menerangkan, pohon jenis Trembesi yang tumbang ini melintang dan menghalangi jalan alternatif Jelegong Sukabumi-Bogor. Sehingga mengakibatkan arus lalu lintas terhambat.

"Evakuasi pohon tumbang sudah dilakukan termasuk ke pohon rapuh di sebelahnya dengan cara di tebang," kata Miky. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban luka maupun korban jiwa.

 

Upaya evakuasi pohon lanjut Miky melibatkan unsur gabungan. Mulai dari BPBD Kabupaten Sukabumi, Damkar Rescue CBD, Bhabinkamtibmas, aparat Desa Balekambang, P2BK, URC PB desa Cisarua, Satpol PP kecamatan, dan warga setempat.

Di sisi lain, bencana pohon tumbang kedua terjadi di Kampung Cijambe RT 21 RW 04 Desa Nangerang, Kecamatan Jampangtengah pada Sabtu (8/7/2023) subuh sekitar pukul 03.00 WIB. '' Pohon tumbang akibat akar pohon sudah keropos karena usia,'' ungkap P2BK Jampangtengah, Dadi Supardi.

Kejadian ini menyebabkan satu unit rumah tinggal milik Sake (38 tahun) yang ada dibawahnya rusak. Rumah yang dihuni satu kepala keluarga (KK) yang terdiri atas empat jiwa tersebut mengalami rusak berat.

Namun beruntung tidak ada korban luka atau jiwa dalam kejadian tersebut. Saat kejadian di lokasi tidak ada angin kencang ataupun hujan lebat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement