Sabtu 24 Jun 2023 17:47 WIB

Jokowi: Kita Harus Berani Arungi Gelombang, Kokoh Hadapi Hempasan Ombak

Presiden Jokowi menitipkan pesan ke PDIP untuk menangkan Ganjar Pranowo.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erdy Nasrul
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).
Foto: Dok. PDIP
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir langsung dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Dalam pidatonya, ia menitipkan pesan kepada seluruh kader PDIP terkait pemilihan umum (Pemilu) 2024, di mana partainya mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres).

"Terakhir ini untuk 2024, di sini hadir calon presiden dari PDI Perjuangan, Bapak Ganjar Pranowo. Saya ulangi tadi telah kita dengarkan calon presiden dari PDI Perjuangan Bapak Ganjar Pranowo, saya titip untuk semuanya," ujar Jokowi, Sabtu (24/6/2023).

Baca Juga

"Saya hanya ingin menyampaikan selamat berjuang, semangat berjuang untuk menang, untuk menang, untuk menang," sambungnya menegaskan.

Indonesia, kata Jokowi, harus segera meraih keadilan dan kemakmuran, serta menjadi negara yang dihormati dunia. Ia pun mengutip pernyataan Soekarno, yang mengingatkan masyarakat untuk tak terpecah dan tidak saling fitnah.

"Yang harus kita lakukan kita harus bersatu padu, kita harus bergotong royong, sebagaimana pesan Bung Karno kita harus berjiwa cakrawati samudera. Berani mengarungi gelombang, kokoh menghadapi hempasan ombak," ujar Jokowi.

Jelasnya, pemerintahannya saat ini tengah meneruskan langkah dan gagasan besar Soekarno. Sebab sudah sangat jelas, Soekarno telah memberikan arah perjuangan dalam menjadikan Indonesia sebagai negara besar.

"Jadilah Indonesia bangsa yang besar, mercusuar yang gemilang, dan yang nampak, dan tampak berkilau di peta dunia. Indonesia harus jadi bangsa besar yang kokoh, yang berdaulat dalam politik berdikari, dalam ekonomi dan berkepribadian dalam berkebudayaan," ujar Jokowi.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Puan Maharani mengatakan bahwa puncak peringatan Bulan Bung Karno jadi forum konsolidasi seluruh elemen partai. Termasuk konsolidasi jelang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Ia menyampaikan pesan kepada 70 kader yang hadir langsung di kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Inti pesannya adalah menjaga soliditas dan tingkatkan militansi untuk Pemilu 2024.

"Mari jaga soliditas, tingkatkan militansi, jalankan disiplin partai, tegak lurus, bergerak dalam satu rampak barisan di bawah komando Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri," tegas Puan dalam pidatonya.

Pesannya tersebut juga disampaikan kepada seluruh kader PDIP untuk pemenangan Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. PDIP ingin menghadirkan keberlanjutan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita berjuang untuk memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo, presiden! Siap?!" ujar Puan dijawab siap oleh ribuan kader yang memenuhi Stadion GBK.

"Dharma eva hato hanti dharma eva hato hanti, kuat karena bersatu, bersatu karena kuat," sambungnya menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement