Sabtu 24 Jun 2023 15:06 WIB

Ribuan Satgas Cakra Buana PDIP Meriahkan Acara Puncak Bulan Bung Karno 2023

PDIP sebut Satgas Cakra Buana sejarahnya dibentuk sama seperti RI membentuk TNI.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana peringatan puncak Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023).
Foto: Dok. PDIP
Suasana peringatan puncak Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –S ebanyak 7.000 anggota Satuan Tugas (Satgas) Cakra Buana PDIP tampil memukau saat ikut memeriahkan puncak peringatan Bulan Bung Karno di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023). Para anggota Satgas Cakra Buana berlari dalam barisan saat memasuki Stadion Utama GBK menjelang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri membuka acara.

Ribuan pasukan Satgas Cakra Buana PDIP, dibagi menjadi dua masing-masing pasukan inti sebanyak 5000 orang tampil di tengah lapangan. Sedangkan 2.000 pasukan sisanya bertugas menjaga keamanan di luar dan di dalam stadion.

Dengan derap langkah yang kokoh, 5.000 rombongan di kelompok pertama membawa bendera berkelir merah PDIP, disusul dengan barisan kedua membawa bendera sangsaka merah putih, dan kemudian berbaris di posisi tengah. Setelah satgas pembawa bendera masuk, kemudian disusul pasukan cepat lainnya yang mengenakan baret merah dan topi caping merah berlari memasuki lapangan stadion.

Seluruh anggota Satgas Cakra Buana mengenakan pakaian hitam dan baret serta topi caping warna merah. Semua tegap berbaris rapi. Gerakan penuh disiplin ini pun memasuki stadion dalam satu komando Satgas Cakra Buana ini sejalan dengan visi dari Satgas Cakra Buana sebagai tulang, otot, dan mata PDIP.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, penampilan Satgas Cakra Buana menunjukan satu kesatuan rampak barisan yang berdisiplin dan partai yang terpimpin dengan baris berbaris yang solid. "Sehingga (Satgas Cakra Buana) mencerminkan bahwa PDIP adalah partai pelopor dengan memiliki kesadaran sanga tinggi terhadap acara-acara yang sangat penting, seperti konsolidasi partai dalam rangka bulan Bung Karno ini," jelasnya.

Hasto juga menyebut, Satgas Cakra Buana serta seluruh elemen partai yang ikut memeriahkan Bulan Bung Karno menunjukkan suatu soliditas yang bergerak di bawah kepemimpinan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Adapun Komandan Satgas Nasional Cakra Buana PDIP Komarudin Watubun menyebut Satgas Cakra Buana membuktikan sebagai simbol tulang, otot, dan mata Partai dalam menegakkan disiplin dan taat pada komando. "Dia (Satgas Cakra Buana) menjadi terdepan untuk menunjukkan bahwa PDIP adalah partai yang tertib dan disiplin," kata Komarudin.

Pasukan Satgas Cakra Buana dibentuk melalui sejumlah tahapan, sama halnya ketika negara Republik Indonesia membentuk pasukan TNI. "Satgas ini sejarahnya seperti TNI, mulai berproses dari Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Badan Keamanan Rakyat (BKR), baru setelah masuk jadi TNI, baru ditertibkan, dirapikan," jelas Komarudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement