Jumat 23 Jun 2023 22:43 WIB

Tingkat Okupansi Hotel di Sumut Naik 80 Persen Jelang Idul Adha

Kenaikan okupansi didominasi pada kawasan Danau Toba maupun Berastagi.

Kamar hotel (ilustrasi). PHRI Sumut mencatat okupansi hotel meningkat pesat mencapai 80 persen pada liburan dul Adha 1444 Hijriah/2023 M.
Foto: www.freepik.com
Kamar hotel (ilustrasi). PHRI Sumut mencatat okupansi hotel meningkat pesat mencapai 80 persen pada liburan dul Adha 1444 Hijriah/2023 M.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Sumatra Utara (PHRI Sumut) mencatat okupansi hotel meningkat pesat mencapai 80 persen pada liburan Idul Adha 1444 Hijriyah/2023 M. "Dari hasil laporan pihak hotel di Sumut pada Idul Adha 2023 dan libur mendatang, rata-rata naik mencapai 80 persen," ujar Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana di Medan, Jumat (23/6/2023). 

Ia mengatakan, kenaikan okupansi didominasi pada kawasan Danau Toba maupun Berastagi, Kabupaten Karo. Sebab, kata Denny kedua tempat tersebut menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan.

Baca Juga

"Kebanyakan yang berkunjung wisatawan lokal, kemungkinan karena dekat jarak tempuh dari Kota Medan dan waktu liburan tidak panjang," kata dia.

Selain tempat okupansi hotel di wisata, Denny mengatakan okupansi hotel di Medan juga meningkat mencapai 70 persen.

 

"Untuk itu, kami meminta kepada pihak hotel agar terus meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada para tamu," kata Denny.

Sebelumnya, pengamat ekonomi dari Universitas Sumatera Utara (USU) Wahyu Ario Pratomo mengatakan, pencabutan status pandemi Covid-19 di Indonesia berpotensi meningkatkan penerimaan negara dari sektor pariwisata.

"Kita sempat dua tahun tidak bisa ke mana-mana. Namun sekarang sudah bebas dan itu dimanfaatkan untuk berwisata," ujar Wahyu.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement