Kamis 22 Jun 2023 20:54 WIB

Majukan Generasi Muda, UPH Gandeng Media Massa Berikan Edukasi Berkualitas

UPH melihat media massa sebagai salah satu mitra strategis untuk edukasi masyarakat

UPH menggelar acara UNBOX! UPH di Kampus Lippo Village, Tangerang, pada 22-24 Juni 2023. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, UPH turut mengadakan acara Media Gathering pada Kamis, 22 Juni 2023.
Foto:

Eric Jobiliong dalam paparannya mengungkapkan bahwa perkembangan kecerdasan buatan (AI) dan Chatbot telah mengakibatkan perubahan di hampir seluruh aspek kehidupan serta berdampak pada profesi-profesi yang ada saat ini dan di masa depan.

Menurut laporan The Future of Jobs 2023 yang dikeluarkan World Economic Forum, 23 persen pekerjaan diperkirakan akan mengalami perubahan pada tahun 2027, dengan 69 juta pekerjaan baru diciptakan dan 83 juta pekerjaan tergantikan. Beberapa faktor seperti ketidakstabilan di bidang kesehatan, ekonomi, dan geopolitik, ditambah  dengan tekanan sosial dan lingkungan yang semakin tinggi, telah dan akan terus mengubah pola ketenagakerjaan secara global.  

AI, pendorong utama otomasi, diperkirakan akan diadopsi oleh hampir 75 persen perusahaan yang disurvei, di mana 50 persen di antaranya memperkirakan akan berdampak pada job growth dan 25 persen memperkirakan akan berdampak pada job losses. Jenis pekerjaan yang akan bertumbuh paling cepat adalah pekerjaan-pekerjaan terkait teknologi seperti AI dan machine learning, serta pekerjaan terkait energi terbarukan dan digital. 

Banyak profesi yang bersifat manual akan mulai hilang dan digantikan dengan teknologi. Untuk itu, institusi pendidikan perlu beradaptasi dan berinovasi melalui bidang studi dan metode belajar yang digunakan. Beberapa inisiatif dan pencapaian telah dilakukan UPH untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul dan kompeten di berbagai bidang, beberapa di antaranya menerapkan pendekatan center of excellence dengan melakukan clustering terhadap program studi yang dimiliki, yaitu Medicine and Health Sciences, Arts and Entertainment, Engineering and Computing, dan Social Sciences.  

“Dengan pengelompokan ini, UPH mendorong terjadinya kolaborasi dan pengembangan dalam suatu rumpun program studi. Harapannya, dengan melakukan pendekatan ini, kami bisa mendorong inovasi-inovasi lintas program studi yang dapat membawa dampak positif bagi bidang keilmuan tersebut. Selain itu, kami juga telah melakukan beberapa kolaborasi lintas fakultas, misalnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Fakultas Sains dan Teknologi,” kata Eric. 

Dalam paparannya, Eric juga menjelaskan tentang pencapaian UPH dalam meraih sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu dan ISO 21001:2018 untuk Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Pencapaian ini, kata Eric, mengukuhkan posisi UPH sebagai universitas berstandar internasional dan menegaskan komitmen UPH dalam menjaga mutu dan kualitas pendidikan. 

 Sejalan dengan itu, Andry Panjaitan menyampaikan bahwa selama dua tahun terakhir UPH telah mengirimkan 36 mahasiswa untuk belajar ke universitas-universitas top di dunia melalui Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA), yakni salah satu program Kampus Merdeka yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tidak hanya itu, UPH juga membina, mengembangkan penalaran dan kreativitas mahasiswa melalui kompetisi, membekali soft skills dan karakter, serta pemanfaatan teknologi. 

“Semua disiapkan demi menghasilkan generasi dengan kompetensi tinggi yang siap bersaing di kancah global. Hasil pembinaan kemahasiswaan saat ini telah membawa UPH mencapai prestasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Peringkat II Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan Prestasi Nasional Terbanyak,” ucap Andry.

 

Dalam acara media gathering, UPH mengajak rekan media untuk bersinergi dalam upaya memberikan pendidikan dan informasi berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Beberapa potensi kolaborasi yang dibahas dalam acara tersebut mencakup: kontribusi materi berupa hasil riset, buku, seminar, dan kuliah umum; kontribusi dosen UPH sebagai narasumber pemberitaan media; program magang; dan program kemitraan lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement