Rabu 21 Jun 2023 23:31 WIB

Praktik Ujian SIM Angka 8 Dinilai tak Relevan, Kapolri Minta Pembuatan SIM Dipermudah

Hendaknya praktik pembuatan SIM disesuaikan dengan nilai-nilai keselamatan.

Warga mengikuti ujian praktek Surat Ijin Mengemudi (SIM) dalam program SIM Cak Bhabin di Pasar Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/9/2022). Program SIM Cak Bhabin dari Satlantas Polrestabes Surabaya itu bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan permohonan SIM dengan menjalani serangkaian ujian SIM di lokasi yang ditentukan di luar Satpas Colombo Surabaya.
Foto:

Jenderal bintang empat itu menekankan hendaknya praktik pembuatan SIM disesuaikan dengan nilai-nilai keselamatan dan tertib berlalu lintas, seperti bagaimana pemegang SIM menghargai keselamatan para pengguna jalan dan bagaimana memiliki keterampilan saat mengendarai kendaraan.

Mantan kabareskrim Polri itu mengingatkan, jangan sampai pembuatan SIM oleh Polri terkesan mempersulit masyarakat yang pada akhirnya menggunakan cara-cara yang melanggar aturan.

"Jangan terkesan pembuatan ujiannya khususnya praktik ini hanya untuk mempersulit dan ujung-ujungnya di bawah meja, enggak tes, malah lulus. Ini harus dihilangkan," ujarnya.

Untuk perbaikan praktik pembuatan SIM ini, Sigit memerintahkan jajaran Korlantas melakukan studi banding dan segera menyesuaikan agar mempermudah masyarakat. "Jadi, saya minta studi banding segera, kalau bisa satu bulan ini ujian praktik SIM dipermudah, disesuaikan," kata Sigit.

Layanan pembuatan SIM ini menjadi catatan penting Kapolri untuk dibenahi karena, berdasarkan survei, Polri menempati urutan ketiga sebagai lembaga penegak hukum yang melindungi dan mengayomi. Posisi ini turun dari survei yang dilakukan Populi sebelumnya yang di peringkat kedua.

Hal itu, kata Sigit, menjadi hal yang harus diperbaiki dan dibenahi. Salah satu penyebab layanan Polri menjadi kurang baik, yakni pembuatan SIM.

"Kalau dilihat pembuatan SIM ini dilihat sulit, laporan kasus juga sama, balik nama kendaraan juga sama," kata Sigit.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement