Jumat 16 Jun 2023 15:03 WIB

Angkot Tertabrak KRL di Depok, Rute Bogor-Jakarta Normal Kembali

Angkot tertemper di antara Stasiun Citayam-Depok, membuat perjalanan KRL terganggu.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Rangkaian KRL Commuter Line berhenti di Stasiun Citayam, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (14/9).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rangkaian KRL Commuter Line berhenti di Stasiun Citayam, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (14/9).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter menjelaskan, perjalanan KRL Commuter Line rute Bogor-Jakarta telah normal kembali setelah terjadi gangguan karena insiden angkot yang tertabrak KRL pada Jumat (16/6/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. Rute tersebut kembali normal seperti yang dijelaskan dalam unggahan terbaru akun Twitter KAI pada pukul 12.56 WIB.

"Perjalanan KA saat ini normal kembali. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," jelas akun Twitter Commuter Line dikutip di Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (16/6/2023).

Sebelumnya, KAI menjelaskan, ada KA 1187 rute Bogor-Jakarta Kota tertemper kendaraan mobil di antara Stasiun Citayam-Depok. Peristiwa itu menyebabkan perjalanan KRL relasi Bogor-Jakarta Kota terganggu.

"KA 1187 (Bogor-Jakarta Kota) tertemper kendaraan mobil di antara Stasiun Citayam-Depok. Saat ini KA 1187 dalam proses pengecekan rangkaian. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," cicit akun Twitter Commuter Line pada pukul 10.48 WIB.

 

External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan, mengatakan, kereta yang tertemper angkot merupakan Commuter Line Nomor 1187 relasi Bogor-Jakarta Kota. Kendati demikian, kata dia, saat ini kondisi tempat kejadian perkara (TKP) dan perjalanan KRL Commuter Line sudah kembali terkendali.

"Iya sudah (terkendali). KAI Commuter memohon maaf atas adanya kendala perjalanan Commuter Line Bogor yang terjadi pada Jumat Siang (16/6)," kata Leza saat dikonfirmasi pada Jumat siang WIB.

Dia mengatakan, petugas KAI Commuter bersama KAI Daerah Operasi 1 Jakarta dan aparat di lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi kendaraan roda empat tersebut. Petugas juga melakukan pemeriksaan prasarana untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta saat akan melintas di lokasi.

Leza menjelaskan, proses evakuasi kendaraan sudah selesai dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB. Kemudian KAI Commuter fokus untuk melakukan proses pemindahan seluruh pengguna dari Commuter Line Nomor 1187 ke rangkaian berikutnya guna pemeriksaan sarana kereta lebih lanjut.

Akibat insiden tersebut, KAI mengatakan penumpang kereta 1187 dialihkan ke kereta 1509 (Nambo-Jakarta Kota) di Stasiun Depok. Rekayasa juga dilakukan, yaitu dengan membuat perjalanan kereta 1136 (Jakarta Kota-Bogor) hanya sampai Stasiun Depok dan kembali sebagai kereta 1215 (Depok-Jakarta Kota).

Perjalanan kereta 1138 (Jakarta Kota-Bogor) juga hanya sampai Stasiun Depok dan kembali sebagai kereta 1217 (Depok-Jakarta Kota). Insiden itu banyak dikeluhkan warganet pengguna KRL. Banyak yang mengaku aktivitasnya terganggu karena gangguan tersebut.

"Oalah pantesan ini ketahan di Bojong nggak jalan-jalan keretanya," kata salah satu akun di cicitan KAI terkait insiden ini.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement