Kamis 15 Jun 2023 18:57 WIB

Sakinah Finance Beri Pelatihan Literasi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas

Sakinah Finance dan PPDFI Kaltim nantinya bekerja sama memberikan literasi syariah.

Para penyandang disabilitas yang hadir sangat antusias ikuti pelatihan literasi keuangan.
Foto: dok. Republika
Para penyandang disabilitas yang hadir sangat antusias ikuti pelatihan literasi keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Sakinah Finance memberikan pelatihan literasi keuangan bagi para penyandang disabilitas di Kalimantan Timur.   Pelatihan yang diikuti 50-an penyandang disabilitas ini digelar pada hari Kamis (15/6/2023). 

Bersama dengan komunitas Perkumpulan Penyandang Disabilitas Fisik Indonesia (PPDFI) Kaltim, Sakinah Finance mengadakan acara pelatihan ini di Gedung Beladiri Bahempas yang merupakan salah satu pusat kompleks olahraga di Kaltim.

Dikatakan pendiri Sakinaf Finace Murniat Mukhlisin, pelatihan literasi ini dihadiri juga oleh Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Fisik Indonesia (PPDFI) Kalimantan Timur,  Syawal beserta anggota PPDFI Kaltim lainnya. "Sebanyak kurang lebih 50 orang menyimak dengan seksama pemaparan terkait literasi keuangan ini," kata  Murniati dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (15/6/2023).

Dikatakannya, Sakinah Finance bersama PPDFI Kaltim nantinya akan bekerja sama untuk memberikan literasi syariah. Langkah ini pun akan diikuti dengan penyerahan kartu taawun disabilitas apabila MoU dengan Gubernur Kaltim sudah terealisasi.

Sementara itu, terlihat para penyandang yang hadir sangat antusias. Salah satu dari mereka bahkan tak segan untuk menceritakn pengalaman hidup serta kondisi financialnya saat ini.

“Saya kerja membawa penumpang motor online, mendapatkan kira-kira Rp 150 ribu sehari. Alhamdulillah cukup untuk memenuhi kebutuhan” kata Riki penyandang disabilitas fisik. 

Selain Riki, suami istri tuna rungu, Ahmad dan Erni menceritakan soal bisnis mereka sebagai penjahit. Mereka ingin meningkatkan keahliannya karena selama ini hanya bisa jahit biasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement