Kamis 15 Jun 2023 17:50 WIB

Heru Budi: Jakarta Fair Bisa Buat Potensi Produk Lokal Semakin Optimal

Pj Gubernur DKI sebut Jakarta Fair bisa membuat potensi produk lokal semakin optimal.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Pengunjung memadati area Jakarta Fair Kemayoran 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (14/6/2023). Pj Gubernur DKI sebut Jakarta Fair bisa membuat potensi produk lokal semakin optimal.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung memadati area Jakarta Fair Kemayoran 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (14/6/2023). Pj Gubernur DKI sebut Jakarta Fair bisa membuat potensi produk lokal semakin optimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023 digelar selama sekitar satu bulan penuh mulai dari 14 Juni 2023 hingga 16 Juli 2023. Pada hari ini, JFK telah resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, di area JFK, Kawasan Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (14/6/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah hadir untuk memberikan perhatian dan dukungan terhadap penyelenggaraan JFK 2023 sebagai rangkaian kegiatan HUT ke 496 Kota Jakarta.

Baca Juga

"Kehadiran JFK ini diharapkan dapat mengoptimalkan potensi produk lokal. Tahun ini, Jakarta Fair memasuki penyelenggaraan yang ke-54. Perjalanan panjang membuktikan bahwa konsistensi dalam menghadirkan pameran multiproduk yang berkualitas telah menjadikan Jakarta Fair sebagai salah satu pameran terbesar, terlama dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara," kata Heru dalam sambutannya.

Kemudian, ia menjelaskan secara singkat sejarah penyelenggaraan Jakarta Fair atau juga dikenal dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ), yang terinspirasi Pasar Malam Gambir, yang dahulu setiap tahun diselenggarakan di kawasan Monas.

 

Pada tahun 1968, Syamsudin Mangan selaku Ketua KADIN mengusulkan suatu ajang pameran besar untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri. Gagasan ini disambut baik oleh Gubernur DKI Ali Sadikin yang ingin menyatukan berbagai pasar malam yang ketika itu masih tersebar di sejumlah wilayah Jakarta menjadi Djakarta Fair.

"Sejak itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan Pekan Raya Jakarta/Djakarta Fair menjadi agenda tetap tahunan yang diselenggarakan dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta yang diperingati setiap tanggal 22 Juni," kata Heru.

Ia menambahkan berawal dari pameran di kawasan Monas hingga diadakan di Kemayoran, Jakarta Fair terus bertransformasi menjadi ajang pameran modern yang menampilkan berbagai produk unggulan tanah air dan internasional.

"Mari kita bersama-sama menjadikan acara ini sebagai wadah untuk memperkuat ekonomi domestik, mengoptimalkan potensi produk lokal, mendorong pertumbuhan industri serta perdagangan di Indonesia," kata dia.

Ia juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT JIExpo selaku mitra penyelenggara, pihak sponsor, pendukung acara serta para peserta dari dunia usaha yang berpartisipasi pada JFK 2023.

"Semoga gelaran Jakarta Fair Kemayoran 2023 berlangsung tertib dan aman sebagai upaya memajukan perdagangan dalam negeri dan meningkatkan ekonomi nasional," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi mengatakan JFK atau PRJ ini sudah sangat akrab dengan warga Jakarta. Setiap tahun kehadirannya selalu ditunggu oleh masyarakat Jakarta dan menjadi penanda HUT Kota Jakarta yaitu pada tanggal 22 Juni.

"Tahun ini, ajang pameran terbesar, terlama dan terlengkap di Asia Tenggara ini hadir kembali dan memasuki penyelenggaraan yang ke-54. Artinya, sudah melampaui setengah abad. Tahun lalu dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan total transaksi mencapai Rp 7,3 triliun," kata dia.

Menurutnya, hal tersebut merupakan sebuah jumlah yang tidak kecil. "Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun Kota Jakarta yang ke-496," kata Jokowi.

Diketahui, acara ini dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Direktur Utama PT JIExpo Siti Hartati Murdaya dan Ketua Panitia Pelaksana Jakarta Fair Karuna Murdaya.

Berdasarkan pantauan Republika, setelah acara pembukaan selesai, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi beberapa stand makanan. Heru Budi terlihat foto bersama dengan para pengunjung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement