Senin 12 Jun 2023 20:43 WIB

Survei Indopol: Approval Rating Eric Cahyadi Cukup Tinggi

Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah Kota Surabaya tinggi

 Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto, saat pemaparan hasil survei mereka.
Foto: istimewa/tangkapan layar
Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto, saat pemaparan hasil survei mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Survey yang dilakukan Indopol menyebutkan approval rating Eric Cahyadi (Walikota Surabaya) cukup tinggi yaitu 85.61%. Hal ini dipengaruhi kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah Kota Surabaya.

Dalam siaran persnya, Senin (12/6/2023), Direktur Eksekutif Indopol Survey, Ratno Sulistiyanto, mengatakan  Approval rating tinggi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya Pertama, umumnya kondisi ekonomi keluarga di Surabaya dibandingkan 1 tahun lalu sudah semakin membaik, sebesar 78.54% menyatakan sudah mulai membaik kondisi ekonominya.

Kedua, kepuasan kinerja pemerintah Kota Surabaya juga tinggi di beberapa hal seperti menjaga toleransi kehidupan beragama (92.68%), kebersihan dan taman kota (samapah dll) sebesar 90.98%, pembangunan sektor Pendidikan sebesar 89.02%, fasilitas umum dan fasilitas sosial sebesar 88.29%, ketersedian BBM & listrik  sebesar 88.29%, pelayanan public (pajak, KTP, ijin usaha dll) sebesar 85.85%, infrastruktur (jalan, jembatan, air bersih, sekolah dll)sebesar84.15%, ketertiban daerah (Satpol PP, patrol tamtib, PKLdll) sebesar 83.41%, pemngembangan UMKM sebesar 81.71%, pemuliahan pasca caovid 19 sebesar 80.24% dan jaringan pengaman social sebesar 77.56.

Sementara yang terendah, menurut Ratno,  adalah Upaya pemerintah Surabaya dalam hal penanganan kriminalitas (narkoba, pencurian, perampokan dll) (67.32%), penanganan pengangguran dan kemiskinan (60.73%) dan pemeberantasan korupsi (56.59%).

"Ketidakpuasan yang nilainya di bawah70% ada pada Upaya Pemkot Surabaya dalam penanganan kriminalitas (narkoba, pencurian,perampokan dll), penangan pengangguran dan kemiskinan dan pemberantasan korupsi,” ungkap dia.

Selain itu, menurut Ratno, rlektabilitas Eri Cahyadi cukup tinggi yakni 42.44%. Sementara yang belum menentukan pilhan sebesar 46.34%. "Artinya merskipun Eri Cahyadi eletabilitas tinggi tapi masih dimungkinkan untuk dikalahkan sebab angka elektabilitas Eri Cahyadi belum dominan, meskipun ditambah dengan pemilih Risma Triharini,” ungkapnya.

Indopol Survey and Consulting telah selesai melakukan penelitian survey periode 19 – 26 Mei 2023 terkait Persepsi Warga Surabaya mengenai Kinerja Pemerintah Kota Surabaya dan Dinamika Politik Menjelang Pemilu 2024. Jumlah sampel dalam survei ini sebesar 410 responden yang tersebar secara proporsional di semua kecamatan di Kota Surabaya. Pengumpulan data lapangan dilakukan pada 19-26 Mei 2023 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement