Jumat 09 Jun 2023 15:59 WIB

Pelajar Indonesia Siap Berkompetisi Matematika di IMWiC Malaysia 2023

Sangat senang bisa ikut lomba ke luar negeri, bisa sambil jalan-jalan juga.

Sebanyak dua puluh delapan pelajar didaulat mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam International Mathematics Wizard Challenge (IMWiC) Malaysia 2023.
Foto: KPM
Sebanyak dua puluh delapan pelajar didaulat mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam International Mathematics Wizard Challenge (IMWiC) Malaysia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak dua puluh delapan pelajar didaulat mewakili Indonesia untuk berkompetisi dalam International Mathematics Wizard Challenge (IMWiC) Malaysia 2023. Manajer Lomba, Tri Jumsari, mengatakan keikutsertaan pelajar terpilih ini bagian dari upaya Ilham Mathematics Training Center (IMTC) dalam memberikan kesempatan dan wawasan pelajar Indonesia di kancah olimpiade Matematika internasional

“IMWIC ini bisa dikatakan lomba untuk pemula untuk kelas 1 SD-11 SMA, jadi setiap siswa yang belum berpengalaman pun bisa ikut, untuk menambah wawasan dalam dunia olimpiade internasional,” kata Tri. 

Tri berharap ajang IMWiC dapat diikuti lebih banyak peserta pada masa yang akan datang. “Semoga peserta di tahun berikutnya bisa lebih banyak dan tentunya dibarengi dengan prestasi yang membanggakan,” ucapnya. 

Sempat tertunda pelaksanaannya karena pandemi, IMWiC akan kembali dihelat pada 23-26 Juni 2023 di Malaysia. Kontes adu kemampuan Matematika ini pun akan diikuti 7 negara, di antaranya, Filipina, Makau, Tiongkok, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. 

Diketahui sebelumnya, para peserta harus melewati tahapan seleksi yang digelar pada 7 Mei 2023. Setelah melalui proses penilaian, terpilih sebanyak dua puluh delapan peserta yang akan mewakili Indonesia di ajang IMWic tahun ini. Setelah terpilih, mereka harus melewati tahapan pembinaan sebagai bekal menghadapi ajang IMWiC yang akan digelar pada 19-23 Juni 2023 di Bogor, Jawa Barat.

Izma F Rafani siswa kelas 3 asal SDI Al Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan mengaku senang karena berkesempatan lomba ke luar negeri. "Sangat senang bisa ikut lomba ke luar negeri, bisa sambil jalan-jalan juga kan yah, kata Izma dalam keterangan tertulis.

Saat ditanya mengenai persiapannya mengikuti karantina dan lomba IMWiC, ia pun menuturkan sedang melakukan persiapan dengan rajin belajar dan mengonsumsi makan sehat. "Makan sehat, banyak minum air putih biar makin sehat, siap-siap ikut karantina buat belajar matematika. Pokoknya, harus semangat ikut seleksi & lomba biar bisa jalan-jalan ke luar negeri & dapet temen banyak dari negara lain," tutur Izma.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement