Rabu 07 Jun 2023 19:29 WIB

Soal Cawapres Prabowo, Gerindra Terus Bahas Nama Erick Thohir dengan Jokowi

Gerindra mengaku terus bahas nama Erick Thohir untuk cawapres Prabowo dengan Jokowi.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Gerindra mengaku terus bahas nama Erick Thohir untuk cawapres Prabowo dengan Jokowi.
Foto: dok PSSI
Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Gerindra mengaku terus bahas nama Erick Thohir untuk cawapres Prabowo dengan Jokowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan, pihaknya mengomunikasikan kandidat-kandidat dengan calon wakil presiden (cawapres) untuk Prabowo Subianto kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya mengkonsultasikan nama Menteri BUMN Erick Thohir.

"Tepatnya kami berkomunikasi dengan Pak Jokowi sebagai salah satu sahabat kami, sahabat Pak Prabowo. (Komunikasi) Soal cawapres yang pas untuk Pak Prabowo siapa, apa Pak Erick Thohir atau nama-nama lain kami terus berkomunikasi," ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga

Selain berkomunikasi dengan Jokowi, Partai Gerindra juga membahas ihwal cawapres Prabowo dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar. Sebab, kedua partai sudah resmi bergabung dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Kita berkoalisi saat ini punya komitmen yang sama bagaimana Indonesia ke depan bisa lebih kuat, memiliki pemimpin nasional yang berani membela kepentingan bangsa dan negara," ujar Habiburokhman.

Ia juga menegaskan, Partai Gerindra yang berkomunikasi dengan Jokowi bukanlah bentuk cawe-cawe atau ikut campur Jokowi terkait pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Jokowi dimintai pendapatnya sebagai sahabat Prabowo dan Partai Gerindra.

"Namanya pendapat, ya silahkan dong, bisa pendapat dari mana saja ya. Lalu dipertimgangkan dan diputusan oleh dua tokoh tersebut (Prabowo dan Muhaimin)," ujar anggota Komisi III DPR itu.

Sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) menerima silaturahim dari Partai Gerindra di Kantor DPP PAN, Jakarta. Dalam pembicaraan yang berlangsung tertutup selama sekira dua jam itu, PAN mengakui mereka menyodorkan nama Menteri BUMN Erick Thohir kepada Partai Gerindra untuk menjadi cawapres dari Prabowo Subianto.

"Kedekatan kita dengan Pak Erick Thohir sudah sangat kental. Apakah tadi disebut (dalam pertemuan dengan Partai Gerindra)? rasanya untuk urusan Pak Erick Thohir masuk dalam menu wajib pertemuan," ujar Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno di Kantor DPP PAN, Jakarta, Senin (6/6/2023).

PAN dan Erick Thohir disebutnya memiliki kedekatan batin, mengingat Menteri BUMN dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan berasal dari provinsi yang sama. Namun, pertemuan dengan Partai Gerindra itu belumlah menghasilkan keputusan yang final terkait pemilihan Pilpres 2024.

"Segala sesuatu masih kita lihat, makanya tadi seperti yang telah kami sampaikan bersama Sekjen Partai Gerindra bahwa kita akan kembali lagi bahwa dialog-dialog berkepanjangan," ujar Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement