Rabu 07 Jun 2023 14:32 WIB

Sejumlah Kader Senior PPP dan Golkar Dukung Koalisi Perubahan

Sejumlah ader senior di PPP dan Partai Golkar menyatakan dukung Koalisi Perubahan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Bakal Calon Presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan. Kader-kader senior di PPP dan Partai Golkar menyatakan dukung Koalisi Perubahan.
Foto:

Sementara, Elektabilitas capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, terus merosot. Bahkan, beberapa bulan terakhir, elektabilitas Anies terus tertinggal dari pesaingnya Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Pengamat politik, Yusak Farchan mengatakan, kondisi itu disebabkan dua penyebab. Pertama dikarenakan memang formasi cawapres dari Anies belum definitif. Walaupun disebut sudah mengerucut, belum ada deklarasi resmi.

"Ini yang menyebabkan Mas Anies relatif tertinggal dibanding dua capres yang lain Pak Ganjar dan Pak Prabowo," kata Yusak kepada Republika.co.id, Selasa (6/6).

Kedua, ia menerangkan, belum ada narasi terkait perubahan yang mereka usuang secara lebih detail lagi seperti apa. Hal ini merupakan tugas dari Koalisi Perubahan untuk menjabarkan narasi itu secara lebih detail.

Sebab, ia mengingatkan, ekspektasi publik berharap ada upaya-upaya korektif kepada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Apalagi, Koalisi Perubahan untuk Persatuan sejak awal memang ingin mengusung semangat perubahan.

photo
Infografis Koalisi Perubahan dan Perjalanan Pencapresan Anies Baswedan - (Republika.co.id)

 

Faktanya, lanjut Yusak, dua kali pilpres karena masa jabatan presiden sudah dibatasi dua periode, yang lazim terjadi ada semangat perubahan. Artinya, memang akan selalu ada semangat ingin mengganti presiden baru.

"Ini yang harus ditangkap teman-teman di Koalisi Perubahan," ujar Yusak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement