Senin 05 Jun 2023 14:40 WIB

PDIP Klaim Ada Kejutan dalam Rakernas, Cawapres Ganjar?

Rakernas PDIP akan dihadiri Jokowi dan Megawati Soekarnoputri.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (dua kiri).
Foto: Republika/Prayogi
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto (dua kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada 6 sampai 8 Juni 2023 di Sekolah Partai PDIP, Jakarta. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut akan ada kejutan dalam forum tersebut.

"Jadi nanti juga ada element of surprise," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Baca Juga

Ditanya, apakah elemen kejutan tersebut terkait calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar Pranowo? Ia mengatakan, hal tersebut masih berproses. Dia menjelaskan, masih banyak waktu untuk membahas sosok tersebut.

"Terkait dengan cawapresnya, ya masih ada waktu, masih ada waktu. Yang kita ambil kan spirit dari kelahiran Bung Karno ini yang harus dijabarkan di dalam visi misi dan agenda strategis ke depan," ujar Hasto.

Tema rakernas tahun ini adalah "Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara Negara". Ia mengatakan bahwa rakernas juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Semua akan mendorong agar yang sudah dicanangkan Presiden Jokowi dalam mengatasi kemiskinan ekstrem nol persen pada tahun 2024 itu dapat betul-betul berpadu. Mengingat Bapak Presiden Jokowi berasal dari PDI Perjuangan sehingga platform keberpihakan terhadap wong cilik ini juga akan dijalankan," ujar Hasto.

PDIP juga akan mengundang sejumlah kepala daerah yang dinilai telah menjalankan perintah partai dalam memerangi kemiskinan. Salah satunya adalah wali kota Solo yang juga putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Kami juga mengundang beberapa kepala daerah dari PDI Perjuangan yang selama ini telah menjalankan perintah partai dalam memerangi kemiskinan dan mempromosikan kemakmuran, keadilan untuk semua, yaitu wali kota Surabaya, wali kota Solo, wali kota Semarang, bupati Banyuwangi, wali kota Tidore Kepulauan," ujar Hasto.

"Rencana rakernas akan ditutup pada tanggal 8 sore hari dan di situlah rekomendasi-rekomendasi rakernas akan akan disampaikan kepada publik," kata Hasto menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement