Selasa 30 May 2023 07:10 WIB

Ganjar Teratas di Segmen Isu Kedekatan dengan Media, Ungguli Prabowo dan Anies

Ganjar di urutan terbawah di bawah Prabowo dan Anies di isu strong leader.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo
Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa saat Konferensi Pers pemaparan hasil temuan dan analisis survei nasional LSI Denny JA bertajuk 4 Pertarungan Pilpres 2024, Senin (29/5/2023).
Foto: istimewa/doc humas
Peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa saat Konferensi Pers pemaparan hasil temuan dan analisis survei nasional LSI Denny JA bertajuk 4 Pertarungan Pilpres 2024, Senin (29/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bakal calon presiden dari PDIP, Ganjar Pranowo berada di posisi teratas mengungguli Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam segmen isu kedekatan dengan media. Hal ini berdasarkan survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada rentang 3 hingga 14 Mei 2023.

Ganjar unggul dengan 36,4 persen, Prabowo berada di urutan kedua dengan 28,3 persen dan Anies 25,1 persen. Namun, Prabowo unggul di populasi umum dibandingkan Ganjar.

Baca Juga

"Kalau di populasi umum Prabowo yang unggul 33,9 persen, tetapi ketika dihadapkan isu kedekatan media, Ganjar jadi nomor satu di angka 36,4 persen, Prabowo turun jadi urutan 2 di 28,3 persen dan kemudiann Anies dari 20,8 persen jadi 25,1 persen," ujar peneliti LSI Denny JA Ardian Sopa dikutip dari rilis Hasil Temuan dan Analisis Survei Nasional LSI Denny JA bertajuk 4 Pertarungan Pilpres 2024, Selasa (30/5/2023).

Mengacu data populasi umum survei LSI Denny JA yakni popularitas keseluruhan Prabowo unggul di angka 33,9 persen. Diikuti Ganjar di angka 31,9 persen dan Anies di posisi ketiga dengan 20,8 persen.

Namun, di segmen isu strong leader, Ganjar justru turun dan Prabowo menjulang naik sebagai sosok strong leader menumbuhkan ekonomi di angka 56,2 persen. Di urutan kedua muncul Anies Baswedan di 18,7 persen dan Ganjar di posisi paling bawah di angka 14,8 persen.

"Jadi jika dilihat dari isu strong leader yang tumbuhkan ekonomi memang ada pelonjakan yang banyak untuk Pak Prabowo, tetapi isu kedekatan media, Ganjar yang menjadi nomor satu, kalahkan Prabowo maupun Pak Anies. Isu kedekatan dengan media Ganjar teratas," ujar Ardian.

Karena itu, Ardian menilai, peluang ke depan dapat dilihat dari isu yang dinilai penting oleh masyarakat. Apakah isu strong leader yang mampu menumbuhkan ekonomi atau kedekatan dengan media.

"Jadi ke depan kita bisa melihat isu mana yang lebih penting buat masyarakat dan ini akan membuat peta semakin dinamis, kalau soal ekonomi Prabowo diuntungkan karena memang persepsi masyarakat mengarah kesana, tetapi jika isu dengan kedekatan media lebih populer dan sebagainya ini akan menguntungkan Pak Ganjar, karena isu kedekatan dengan media, Ganjar menjadi nomor satu," ujarnya.

Survei LSI Denny JA menggunakan metodeologi random sampling melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden. Survei dilakukan selama 3 hingga 14 Mei 2023 dengan margin of error sebesar 2,9 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement