Senin 29 May 2023 15:51 WIB

Damkar Depok Tangkap Ular Sanca Sepanjang 4,5 Meter di Cimanggis

Proses evakuasi sanca di Kelurahan Curug membutuhkan lima personel Damkar Depok.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Dinas Damkar Kabupaten Bogor menangkap ular sanca sepanjang empat meter dari pemukiman warga di Citereup (ilustrasi).
Foto: Istimewa
Dinas Damkar Kabupaten Bogor menangkap ular sanca sepanjang empat meter dari pemukiman warga di Citereup (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Seekor ular sanca dengan panjang 4,5 meter lebih yang ditemukan di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, ditangkap petugas Dinas Damkar Depok, Senin (29/5/2023). Ular tersebut ditangkap setelah masuk ke gudang salah satu pabrik obat-obatan di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Welman Naipospos mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga sekitar pukul 08.15 WIB. Petugas kemudian berhasil mengamankan ular tersebut sekitar pukul 09.00 WIB.

"Ini ular paling besar yang kita amankan selama tiga tahun ini, seingat saya. Panjangnya lebih dari 4,5 meter itu terbesar dalam beberapa tahun," ujar Welman di Kota Depok, Jawa Barat, Senin.

Menurut dia, proses evakuasi sanca tersebut membutuhkan lima personel Damkar Depok UPT Cimanggis. Butuh waktu selama 30 menit untuk menangkap dan mengamankan ular dengan ukuran dan bobot yang cukup besar tersebut.

Welman menjelaskan, saat ini sanca tersebut masih diamankan di Damkar Depok UPT Cimanggis. Ular itu nantinya dilepaskan di habitat yang jauh dari permukiman atau diberikan kepada komunitas pencinta ular.

"Sebtulnya kami ingin mengembalikan ke alam kan, tapi di Depok kan tidak ada tempatnya, tidak ada hutan. Karena itu biasanya kita berikan ke komunitas pencinta ular supaya dikembalikan oleh komunitas ke habitatnya," ujar Welman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement