Rabu 24 May 2023 19:59 WIB

Ridwan Kamil Minta Dukung Prof Mochtar Kusumaatmadja Jadi Pahlawan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta dukung Prof Mochtar Kusumaatmadja jadi pahlawan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil). Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta dukung Prof Mochtar Kusumaatmadja jadi pahlawan.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil). Gubernur Jabar Ridwan Kamil minta dukung Prof Mochtar Kusumaatmadja jadi pahlawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta dukungan semua stakeholders di tingkat pusat untuk pengusulan Prof Mochtar Kusumaatmadja sebagai pahlawan nasional. Ridwan Kamil berharap, dukungan politik administrasi datang dari Majelis Permusyawaratan Rakyat, Kementerian Hukum dan HAM, serta Kementerian Luar Negeri. 

"Jadi atas nama Pemdaprov Jabar, kami berharap betul dengan dukungan politik administrasi MPR, Menkum HAM, dan Menlu. Mudah-mudahan tahun ini gelar kehormatan bisa diberikan kepada almarhum," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil saat menghadiri Seminar Nasional Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional untuk Prof Mochtar Kusumaatmadja di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Jakarta, Rabu (24/5/2023). 

Baca Juga

Dalam Seminar Nasional tersebut Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menkum HAM Yassona Laoly bertindak sebagai narasumber, sedangkan Menlu Retno Marsudi menjadi keynote speech.

Menurut Emil, dukungan Pemprov Jabar menjadikan Prof Mochtar Kusumaatmadja sebagai Pahlawan Nasional pun dibuktikan dengan menyematkan namanya sebagai nama jalan layang yang dulunya bernama Pasupati di Kota Bandung.  

"Kami dari Pemprov Jabar mendukung 1.000 persen sebagai pahlawan nasional. Kami mempersembahkan sebuah jalan dengan nama Prof Mochtar Kusumaatmadja sudah resmi sudah berstatus hukum," katanya.

Emil mengemukakan, sosok Prof Mochtar Kusumaatmadja sebagai diplomat yang mempunyai karakter tenang, tapi dibuktikan dengan memperluas wilayah hukum kelautan Indonesia. 

"Setelah perjuangan Prof. Mochtar Kusumaatmadja tidak ada lagi kapal asing wara wiri, ini kan luar biasa. Betapa sosok yang extraordinary itu luar biasa. Meninggal dunia baik adalah meninggalkan inspirasi," kata Emil. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement