Selasa 23 May 2023 14:48 WIB

Kunjungan Puskesmas Pademangan, Pj Heru: Kasus Stunting Tertinggi di Jakut

Heru Budi Hartono mengungkapkan, di Jakarta terdapat kasus stunting 10 ribu anak.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono berkunjung ke Puskesmas Pademangan, Jakarta Utara pada Selasa (23/5/2023).
Foto: Republika/Haura Hafizhah
Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono berkunjung ke Puskesmas Pademangan, Jakarta Utara pada Selasa (23/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berkunjung ke Puskesmas Pademangan, Jakarta Utara (Jakut) pada Selasa (23/5/2023). Dalam kunjungannya ia menyapa para pasien yang ingin berobat ke puskesmas.

 

 

 

 

 

Pantauan Republika.co.id di lokasi, Heru mengelilingi Puskesmas Pademangan untuk memeriksa pelayanan dan sempat memasuki ruangan poli umum. Ia berbincang dengan kepala puskesmas dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati.

 

 

 

 

 

"Pada pagi ini saya ingin melihat proses pelayanan. Di sini kelebihannya semua sudah menggunakan sistem. Semua dokumen tercatat secara elektronik sehingga tidak kertas lagi. Terus berikutnya saya juga mengecek pelayanan penyakit menular dan ini fluktuatif," kata Heru.

 

 

 

 

 

Dia pun menjelaskan maksud mengunjungi Puskesmas Pademangan, lantaran Jakut merupakan wilayah dengan angka stunting tertinggi di Ibu Kota. Meski tidak memaparkan angkanya, Heru menyebut, Cilincing menjadi daerah dengan laporan angka stunting tertinggi di Jakarta.

Menurut dia, untuk penanganan stunting, bisa dengan cara memberikan asupan makanan bergizi yang tinggi protein kepada ibu hamil. Selain itu, petugas puskesmas bisa memberikan edukasi cara minum vitamin dan cara makan yang sehat. "Ya termasuk orang tuanya bukan anaknya saja. Orang tuanya juga untuk merawat anaknya," kata Heru.

 

 

 

 

 

Heru mengungkapkan, data terakhir kasus stunting di Provinsi DKI mencapai 10 ribu anak. Pemprov DKI melalui Dinkes DKI terus berusaha untuk menurunkan angka stunting. "Kami cari terus, kami turun untuk mencari terus supaya bisa ditangi dengan baik. Proses stunting-nya bisa terlewati," ucap Heru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement