Selasa 23 May 2023 12:47 WIB

Kadinkes Gandeng Inspektur DKI Periksa ASN Pamer Gaji Rp 34 Juta per Bulan

Plt Kadinkes menggandeng Inspektur DKI untuk memeriksa ASN yang pamer gaji Rp 34 juta

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Status pejabat Dinkes DKI, Ngabila Salama yang pamer gaji per bulan viral di medsos. Plt Kadinkes menggandeng Inspektur DKI untuk memeriksa ASN yang pamer gaji Rp 34 juta
Foto: Istimewa
Status pejabat Dinkes DKI, Ngabila Salama yang pamer gaji per bulan viral di medsos. Plt Kadinkes menggandeng Inspektur DKI untuk memeriksa ASN yang pamer gaji Rp 34 juta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pejabat Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dokter Ngabila Salama viral setelah memamerkan gaji Rp 34 juta yang didapatnya tiap bulan. Hal tersebut membuat Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ani Ruspitawati angkat bicara.

"Prinsipnya semua yang ditulis Bu Ngabila udah kita klarifikasi, sudah kita periksa laporannya sudah kami kirimkan. Kita sedang berkoordinasi lebih lanjut dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta dan Inspektur Provinsi DKI Jakarta. Belum selesai pemeriksaannya," kata Ani kepada wartawan di kawasan Jakarta Utara pada Selasa (23/5/2023).

Baca Juga

Namun, saat ditanyakan apakah Ngabila Salama akan dinonaktifkan setelah melakukan pamer gaji di media sosial. Ani menjawab semua ada peraturannya.

"Tidak bisa semudah itu nanti kita lihat peraturan-peraturannya seperti apa yang dilanggar. Kita koordinasi terus dengan Inspektorat. Dinas kesehatan tidak bisa sendirian," kata dia.

 

Sebelumnya diketahui, Viral di lini masa Twitter soal pengakuan pegawai negeri sipil (PNS) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dokter Ngabila Salama yang pamer gaji sebesar Rp 34 juta per bulan. Inspektur Provinsi DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat akan segera memverifikasi kabar pejabat Dinkes DKI tersebut.

"Terima kasih informasinya. Akan saya cek lebih lanjut," kata Syaefuloh saat dihubungi Republika.co.id di Jakarta pada Jumat (19/5/2023).

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana mengimbau seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI tidak pamer harta demi menjaga hati masyarakat. 

"Pastinya pejabat publik jangan melukai hati masyarakat, jangan kita pamer, jangan kita sesumbar yang enggak perlu," kata William di Jakarta, Senin (22/5/2023).

Penegasan tersebut terkait dengan viralnya pernyataan dokter ASN Dinkes DKI yang memamerkan besaran gajinya. Pernyataan tersebut diunggah akun Twitter @Ngabila. 

Dalam unggahannya pada 15 Mei 2023, akun @Ngabila mengunggah pernyataan sebagai berikut: 

"Saya teman Menkes setiap saat bisa kita kritik kapan saja. Saya bukan bawahannya. ASN mah kalau mau jilat atasannya langsung yang promosiin. Saya eselon 4 di DKI THP udah 34 jt sebulan, ngapain capek-capek jadi eselon dua kementerian. Kalau ga kenal saya, jangan nakar saya. Pasti salah," kata dokter Ngabila. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement