Senin 22 May 2023 05:47 WIB

Nadiem Makarim Soroti Perundungan di Sekolah hingga Hadiri Cannes Film Festival

Mengatasi perundungan di satuan pendidikan pemerintah menerapkan Roots Indonesia.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Gita Amanda
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengatakan Indonesia memiliki urgensi besar atau dalam kondisi darurat untuk segera mengatasi perundungan yang ada di lingkungan satuan pendidikan.  (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengatakan Indonesia memiliki urgensi besar atau dalam kondisi darurat untuk segera mengatasi perundungan yang ada di lingkungan satuan pendidikan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, mengatakan bahwa Indonesia memiliki urgensi besar atau dalam kondisi darurat untuk segera mengatasi perundungan yang ada di lingkungan satuan pendidikan. Sebab, menurut Nadiem, sekitar 25 persen peserta didik di Indonesia mengalami berbagai bentuk perundungan berdasarkan hasil Asesmen Nasional (AN) 2021. 

“Salah satu upaya yang tengah kami lakukan untuk mengatasi perundungan di satuan pendidikan adalah menerapkan program Roots Indonesia. Sebagai sebuah gerakan tentunya upaya ini harus kita lakukan bersama. Pendidikan yang maju berawal dari sekolah yang bebas dari kekerasan,” ujar Nadiem, Ahad (21/5/2023).

Baca Juga

Setiap elemen Nadiem sebut memiliki peran masing-masing. Pemerintah daerah, menurut dia, perlu mendukung sekolah yang melakukan Program Roots. Warga sekolah harus berkolaborasi mencegah dan menangani tindak kekerasan.

Sejak 2021, melalui program Roots telah dilakukan pendampingan kepada 7.369 sekolah jenjang SMP dan SMA/ SMK yang berasal dari 489 kabupaten/ kota di 34 provinsi di Indonesia. Program tersebut juga telah melatih 13.754 fasilitator guru antiperundungan di jenjang SMP dan jenjang SMA/SMK.

“Berdasarkan data hasil monitoring program Roots tahun 2021, telah terbentuk 43.442 siswa agen perubahan antiperundungan yang berperan untuk menyebarkan pesan dan perilaku baik di lingkungan sekolah,” kata Nadiem.

Selain concern pada masalah perundungan di sekolah, Nadiem juga menyoroti dukungan pemerintah pada perflman nasional yang sudah go international. Di hadapan pelaku industri perfilman berbagai negara, Mendikbudristek mengumumkan komitmen pendanaan pemerintah Indonesia untuk film ko-produksi internasional. 

“Harapannya, skema pendanaan matching fund Dana Indonesiana ini dapat lebih mendorong semakin banyaknya film Indonesia mendapatkan rekognisi di festival internasional atau kesuksesan komersial di tingkat dunia,” kata Nadiem menjelaskan. 

Nadiem juga berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang mencetuskan dan mendukung realisasi dana abadi kebudayaan. Dana abadi kebudayaan yang kemudian diluncurkan sebagai Dana Indonesiana pada Merdeka Belajar Episode ke-18 merupakan sumber pendanaan dari skema matching fund ini. 

“Di bawah payung Kampus Merdeka, skema matching fund terbukti berhasil dalam mendukung terciptanya berbagai projek antara pendidikan tinggi dengan mitra. Sudah saatnya kita adaptasi transformasi pendanaan pemerintah ini di bidang kebudayaan,” kata Mendikbudristek Nadiem. 

“Pemerintah akan memadankan dukungan pendanaan institusi perfilman dunia untuk projek film yang melibatkan sineas Indonesia. Tidak ada batas maksimum selama dana masih tersedia. Yang penting, projek film tersebut sudah mendapatkan pendanaan dari institusi yang kredibel dan ada dalam daftar kami,” kata dia melanjutkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement