Sabtu 20 May 2023 17:23 WIB

Buntut Relawan Jokowi Nyatakan Dukungan ke Prabowo, Gibran Dipanggil Hasto

Gibran diminta menghadap ke DPP PDIP pada Senin (22/5/2023).

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Andri Saubani
Prabowo bertemu relawan Gibran dan Jokowi di angkringan omah Semar Solo, Jumat (19/5/2023). Dalam kesempatan itu para relawan menyatakan dukungannya kepada Prabowo sebagai capres 2024.
Foto: Republika/Alfian
Prabowo bertemu relawan Gibran dan Jokowi di angkringan omah Semar Solo, Jumat (19/5/2023). Dalam kesempatan itu para relawan menyatakan dukungannya kepada Prabowo sebagai capres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Buntut pertemuan dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan sejumlah relawan Jokowi Se-Jateng dan Jatim, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengaku dipanggil oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto ke Jakarta. Gibran diminta menghadap ke DPP PDIP pada Senin (22/5/2023).

"(Respons partai?) Bukan teguran tapi saya hari Senin pagi saya menghadap ke DPP, eh dipanggil," kata Gibran ketika ditemui di benteng Vastenburg, Sabtu (20/5/2023). 

Baca Juga

Ditanya apakah pemanggilan tersebut berkaitan dengan pertemuan dengan Prabowo, Gibran mengatakan ada kemungkinan tersebut. Ia juga mengaku dihubungi oleh Hasto tadi pagi. 

"Mungkin terkait itu, tadi pagi, iya pak sekjen," katanya. 

Disinggung soal perannya di pertemuan semalam, Gibran mengaku bahwa dirinya di sana hanya mendampingi Prabowo sebagai menteri dengan posisi sebagai Wali Kota Solo. "Ya itu kan sebagian besar kader Gerindra dan lain lain kalua fungsi saya di situ ya menjemput beliau sebagai Menteri ya, gitu njeh," katanya. 

Gibran menegaskan bahwa berkaitan soal pencapres pihaknya mengaku tak ikut campur. Pihaknya juga mengkalim meskipun ikut pertemuan tersebut bukan berarti pihaknya mendukung Prabowo. 

"Kalau masalah pencapresan saya Ndak ikut ikut kemarin. Kemarin hanya makan malam saja. Kan kalau urusan pencapresan saya minggir, kan ketika beliau orasi saya ke pinggir nggak ikut-ikut," katanya.

"Kalau saya suruh ngumpulin yang dukung Pak Ganjar lebih banyak lagi namanya relawan ya seperti itu. Bukan berarti saya kemarin mendukung, kan ga pernah keluar dari mulut saya. Saya dukung ini dukung itu kan enggak, saya menjemput beliau, mengajak makan beliau sebagai seorang menteri, gitu ya," katanya mengakhiri. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement