Rabu 17 May 2023 07:46 WIB

Gereja Terbengkalai Berusia 150 Tahun Berubah Menjadi Masjid Menakjubkan

Bangunan asli gereja yang diubah menjadi masjid tetap dipertahankan.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Gereja diubah menjadi masjid
Foto: About Islam
Gereja diubah menjadi masjid

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON — Sebuah bangunan gereja yang dibangun sekitar tahun 1870 telah diubah menjadi masjid baru, setelah renovasi besar-besaran setelah beberapa dekade tidak digunakan. Masjid-e-Taqwa di Pleckgate Road menyelenggarakan sholat kali pertama pada pekan ini di gedung, yang dulunya merupakan rumah bagi Gereja St Chad.

"Kami mencoba untuk mempertahankan fitur asli bangunan dan mencoba untuk memasukkan ini ke dalam desain baru," kata juru bicara masjid, dilansir dari About Islam, Rabu (17/5/2023).

Baca Juga

Yang paling menonjol di dalam aula sholat, ada balok kayu merupakan fitur yang paling menentukan. Pintu dan lengkungan juga merupakan sesuatu yang membantu memberikan karakter unik masjid sendiri.

"Kami mengundang orang-orang yang tinggal di daerah tersebut untuk melihat sendiri transformasi dan kami senang mendengar komentar mereka,” kata juru bicara itu.

Masjid baru ini menampung 180 jamaah dan mencakup ruang sholat di atas dua lantai dan area untuk wudlu. Di luar masjid, terdapat halaman untuk tempat parkir mobil, fitur pencahayaan dan lanskap telah menghidupkan kembali bangunan itu.

"Ini adalah bangunan yang sangat berkualitas tinggi sekarang dan mereka telah benar-benar meningkatkan ini dari sebelumnya," kata seorang penduduk lokal, Brian, yang mengunjungi masjid.

"Itu indah. Saya belum pernah melihat yang seperti itu,” tambahnya.

Pemimpin Blackburn dengan Dewan Darwen Cllr Phil Riley mengunjungi masjid baru-baru ini, memuji renovasi masjid yang mengesankan.

"Betapa indahnya bangunan itu dan penghargaan atas upaya yang telah dilakukan semua orang," katanya.

“Ini adalah bangunan semi-derelict untuk jangka waktu tertentu dan sekarang menjadi bangunan yang benar-benar indah. Pekerjaan telah dilakukan dengan begitu berkualitas. Ini benar-benar mengesankan untuk komunitas lokal,” kata Riley.

Sumber:

https://aboutislam.net/muslim-issues/europe/150-year-old-abandoned-church-transformed-into-amazing-mosque/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement