Rabu 17 May 2023 07:31 WIB

Doa Melihat Keindahan Alam

Dianjurkan membaca doa saat melihat keindahan alam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Melihat Keindahan Alam. Foto:  Pengunjung menyusuri desa wisata di kawasan pegunungan Karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (8/11/2022). Pengunjung dapat menyewa perahu dengan biaya Rp200 ribu hingga Rp300 ribu tergantung jumlah penumpangnya untuk menyusuri Sungai Pute menuju desa wisata Rammang-Rammang yang memiliki pemandangan alam pegunungan karst.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Doa Melihat Keindahan Alam. Foto: Pengunjung menyusuri desa wisata di kawasan pegunungan Karst Rammang-Rammang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Selasa (8/11/2022). Pengunjung dapat menyewa perahu dengan biaya Rp200 ribu hingga Rp300 ribu tergantung jumlah penumpangnya untuk menyusuri Sungai Pute menuju desa wisata Rammang-Rammang yang memiliki pemandangan alam pegunungan karst.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebagai adab, kesopanan, dan permohonan kepada Allah SWT, umat Islam selalu diimbau untuk menghaturkan doa. Salah satu doa yang perlu dibaca adalah saat melihat keindahan dan keajaiban alam.

Dalam buku Kumpulan Doa Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan doa saat melihat keindahan dan keajaiban alam. Berikut lafadznya:

Baca Juga

"Robbana maa kholaqta hadza bathilan subhanaaka faqina adzabannari".

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan alam ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka selamatkanlah kami dari siksa neraka".

Jika ibadah digambarkan ke dalam struktur tubuh manusia, doa merupakan bagian otaknya ibadah. Doa berperan merencanakan, memulai, dan mengevaluasi. Saat seseorang hendak melakukan pekerjaan dengan berdoa, berarti dia sedang merencanakan sesuatu. Hal ini juga serupa jika doa diibaratkan dengan sebuah pekerjaan yang mendapatkan imbalan.

Seseorang yang melakukan pekerjaan pada sebuah perusahaan tentunya akan mendapatkan imbalan atas pekerjaannya. Orang yang berdoa pun akan mendapatkan imbalan, baik imbalan pahala atas apa yang dikerjakan maupun imbalan berupa terkabulnya doa. Kesimpulannya, doa merupakan bagian dari ibadah. Makin banyak doa dipanjatkan maka makin banyak imbalan atau pahala yang akan didapatkan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement